Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabub Sukamara Cek Kondisi Tempat Pembuangan Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Oktober 2016 - 17:14 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Windu Subagio mengecek kondisi tempat pembuangan sampah (TPS) sementara, yang kondisinya sudah rusak. Wabup merespon laporan masyarakat yang disampaikan Ketua RT 8 Kelurahan Mendawai Sukamara.

'Memang ada keluhan dari masyarakat terkait beberapa fasilitas tempat pembuangan sampah sementara yang kondisinya sudah rusak sehingga menimbulkan kesan kurang nyaman bagi lingkungan sekitar,' kata Wabup Sukamara, Windu Subagio, Selasa (25/10/2016)

Dari hasil pengecekan, diketahui memang kondisi TPS sementara sudah banyak yang rusak sehingga tidak berfungsi dengan baik. Antara lain, dinding yang jebol dan tidak ada penutup sehingga membuat sampah berhambur keluar dari bak sampah.

'Dengan kondisi yang ada ini memang TPS tidak berfungsi karena sampah mudah dibawa oleh binatang karena tidak ada penutup dan sampah jadi berserakan kemana-mana,' ujar Windu.

Windu Subagio mengatakan, segera menindaklanjuti dengan membenahi fasilitas tersebut agar masyarakat bisa mudah dalam menjaga kebersihan. Namun pembenahan dipastikan baru terealisasi tahun 2017. Karena untuk anggaran APBD Perubahan 2016, menurut dia, sudah tidak sempat lagi.

"Kami harapkan masyarakat bersama-sama menjaga fasilitas yang sudah terbangun dan apabila membuang sampah di TPS agar benar-benar diletakkan sesuai petunjuk,' ucap Windu Subagio.

Untuk dapat menjaga fasilitas yang sudah di bangun oleh pemeritnah daerah maka perlu ada sinergi yang baik antar pemeritnah dan pengguna fasilitas tersebut, contohnya seperti menempatkan sampahnya agar tidak sembarang atau melempartnya begitu saja diluar tempat sapah yang nantinya bisa dibawa oleh bianatang liar.

'Agar volume sampah tidak menumpuk, masyarakat harus mengatur jam-jam berapa harus membuang sampah. Misalnya, pagi saat truck sampah mengangkut sampah,' ujar Wakil Bupati Sukamara, Windu Subagio. (MG-13/N).

Berita Terbaru