Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bobi Lea Raup Suara Terbanyak Pilkades Karang Mas Putaran 2

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Oktober 2016 - 18:08 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Bobi Lea Januarta keluar sebagai calon Kades peraih suara terbanyak dalam pemungutan suara ulang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Karang Mas, Selasa (25/10/2016). Berdasarkan hasil akhir penghitungan suara Pilkades serentak putaran 2, calon nomor urut 1 itu, mengungguli pesaingnya calon Kades nomor urut 2, Seibon, dengan selisih 13 suara.

"Berdasarkan hasil akhir penghitungan suara yang telah ditandatangani semua pihak terkait, Bobi Lea secara sah keluar sebagai calon kades peraih suara terbanyak Pilkades Desa Karang Mas. Bobi Lea meraup 84 suara sah, sementara kompetitornya Seibon, 71 suara sah, " kata Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Lamandau, Triadi, saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2016).

Dari hasil penghitungan, sambungnya, suara sah dalam pemungutan suara Pilkades desa Karang Mas tersebut totalnya sebanyak 155 suara sah, dimana calon nomor urut 1 memperoleh 84 suara, sedangkan calon nomor urut 2 mengantongi 71 suara.

Triadi memastikan, Pilkades Desa Karang Mas tersebut telah berjalan aman dan lancar, sehingga tidak ada hambatan dan kendala berarti, serta kedua belah pihak yang berkompetisi telah menerima hasil masing-masing calon.

Seperti diketahui, pemugutan suara ulang pada Pilkades Desa Karang Mas, dilakukan atas dasar tidak adanya pemenang dalam Pemungutan suara Pilkades serentak, 1 Oktober 2016. Kala itu, dari 3 calon yang bertanding, baik Bobi Lea maupun Sibon sama-sama mengantongi 70 suara, sedangkan 1 calon lainnya hanya mampu mengumpulkan dukungan sebanyak 17 suara.

Triadi yang juga Kepala Bagian Pemerintahan (Kabag Pem) Setda Lamandau, menyebutkan tahapan pasca pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak, masih dalam penggodokan berkas untuk pengesahan dan penetapan Kades terpilih, pertengahan November 2016.

"Saat ini masih kita siapkan berkasnya, bahkan selain berkas untuk Pilkades Desa Melata, Desa Nanuah dan Karang Mas, semuanya sudah kita serahkan ke bagian Hukum. Kita berharap prosesnya cepat, karena kita targetkan penetapannya (penetapan kades terpilih) dapat dilaksanakan pada pertengahan November atau selambat-lambatnya awal Desember mendatang," tukasnya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru