Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Banyak Wilayah di Gunung Mas Belum Tersambung Listrik

  • 28 Oktober 2016 - 00:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Punding S Merang menyatakan, hingga saat ini jaringan listrik dari PT Perusahan Listrik Negara (PLN) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), masih minim. Dari 12 kecamatan di Gunung Mas, ada beberapa kecamatan dan puluhan desa yang belum tersambung jaringan listrik.

'Masih banyak kecamatan dan desa yang belum ada jaringan listrik dari PLN. Itu harus menjadi perjhatian serius kita semua,' kata Punding kepada Borneonews di kantor DPRD Kabupaten Gumas, baru-baru ini.

Dia menyampaikan, kecamatan yang belum tersambung listrik dari PLN seperti Kecamatan Damang Batu, Kecamatan Miri Manasa, Kecamatan Rungan Hulu, dan Kecamatan Manuhing Raya. Selain itu ada puluhan desa gelap gulita. Hal tersebut juga menjadi kendala bagi masyarakat yang belum menikmati listrik.

'Masyarakat yang tinggal di pelosok juga memerlukan energi listrik. Itu juga harus menjadi perhatian serius pemerintah,' cetus politisi Parti Golkar itu.

Menurut Punding, minimnya ketersediaan listrik berdampak kurang baik untuk mesyarakat. Salah satunya dalam mengakses berbagai informasi dan menunjang kegiatan masyarakat. Di samping itu cukup banyak peralatan elektronik seperti komputer, televisi, alat komunikasi dan peralatan lainnya yang memerlukan energi listrik.

'Bila energi listrik bisa menjangkau semua wilayah Kabupaten Gunung Mas akan membawa dampak yang sangat baik untuk masyarakat di daerah ini. Di samping masyarakat mudah mengakses informasi, juga akan membantu kegiatan masyarakat,' cetusnya.

Terkait hal itu, Punding juga mendorong Pemkab Gumas supaya terus berkoordinasi dengan pihak PLN agar terus menambah jaringan di kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. Sehingga, lanjutnya, dalam waktu tidak terlalu lama semua wilayah Kabupaten Gumas bisa tersambung aliran listrik.

'Kami dari DPRD Gunung Mas terus mendorong upaya perluasan jaringan listrik di daerah ini. Mengingat saat ini ketergantungan masyarakat terhadap energi listrik semakin  meningkat. Untuk itu mari kita bersama-sama mendukung penambahan jaringan listrik,' tukasnya. (EPRA SENTOSA/m)

Berita Terbaru