Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Rebut Kembali Piala Bergilir LASQI Kalimantan Tengah

  • 27 Oktober 2016 - 19:19 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Kafilah Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Palangka Raya keluar sebagai juara umum Festival Seni Qasidah Ke V Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2016. Di bawahnya, Kabupaten Kapuas yang mengutus 64 orang ke kejuaraan di Kuala Kapuas, 22-26 Oktober 2016 menjadi juara kedua.

Sesuai dengan Surat Keputusn Dewan Juri Festival Seni Qasidah V Tingkat Provinsi Kalteng Nomor: 03/DJ-FSQ/KTG/2016 tanggal 26 Oktober 2016 yang ditanda tangani oleh Ketua DPW LASQI Provinsi Kalteng Dr Tutut Sholihah dan Sekertaris Drs H Rois Mahfu menyebutkan bahwa Kapuas berada di posisi kedua setelah Kota Palangka Raya yang kembali merebut Piala Bergilir di posisi Juara Umum Satu se Provinsi Kalimantan Tengah. 

Dilanjutkan dengan Juara Umum Tiga diraih oleh Kotawaringin Barat, Juara Umum Empat Kabupaten Kotawaringin Timur, Juara Umum Lima Sukamara dan Gunung Mas dan Juara Umum Enam diraih oleh Kabupaten Katingan dan Murung Raya. 

Adapun Duta Seni Qasidah Kapuas yang meraih prestasi dalam FSQ Tingkat Provinsi tersebut yaitu Harapan Dua dalam Cabang Lomba Qasidah Klasik Putra, Juara Dua dalam Cabang Lomba Qasidah Klasik Putri, Harapan Satu Qasidah Kolaborasi, Lomba Hadrah meraih juara harapan tiga, juara satu bintang vocalis anak-anak putra, harapan dua bintang vocalis anak-anak putri, juara pertama bintang vocalis remaja putra, juara satu bintang vocalis remaja putri dan juara harapan dua pada lomba bintang vocalis dewasa puteri. 

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat menutup langsung Kegiatan Festival Seni Qasidah Ke V Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (26/10) malam di Stadion Olahraga Panunjung Tarung. Dan diakhir penutupan acara Grup Band Wali (Jakarta) memeriahkan dan menghibur masyarkat Kabupaten Kapuas dan para kafilah dan pengundian doorprize tiga buah motor kepada para kafilah. 

Ben Brahim dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang yang sudah menjadi juara dan tingkatkan lagi kemampuan terutama yang akan berlaga di tingkat nasional. 'Bagi yang belum berkesempatan menjadi juata berlatihlah dengan tekun dan pantang menyerah dan mudah-mudahan tahun 2017 akan menjadi yang terbaik,' katanya. 

Ia menghaturkan doa kepada seluruh kafilah Kabupaten dan kota se Provinsi agar kembali ke kabupaten masing-masing, bertemu dengan keluarga dalam keadaan selamat dan sehat. Ben menyampaikan pula ucapan terima kasih kepad panitia yang melaksanakan kegiatan dengan baik dan bertanggung jawab serta kepada pemilik pemondokan yang telah dengan tulus ikhlas untuk menampung para kafilah. 

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat LASQI Dra Euis Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan Seni Qasidah dipandang tepat sebagai sarana untuk membendung kemorosotan akhlak umat dengan menggelarkan contoh nyata keteladanan umat melalui Festival Seni Qasidah seperti yang dilaksanakan. 

Kemudian, ia mengungkapkan, melalui FSQ sangat strategis karena Ukuwah Islamiyah dapat lebih dieratkan disamping dapat meningkatkan apresiasi terhadap ekspresi seni budaya.'LASQI merupakan wadah seniman muslim, wadah bagi pelaku dan pengelola seni yang telah lama mewarnai perkumpulan seni budaya sebagai media dakwah di negeri yang kita cintai,' katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia dalam upaya yang dilakukan untuk menjaga dan melestarikan dan mengembangkan serta mempromosikan kreativitas seni budaya Islam melalui LASQI maupun lewat berbagai event public dengan dukungan pemerintah diharapkan dapat menarik atensi, apresiasi dan partisipasi masyarakat.

'Diharapkan berperan dalam pembentukan kepribadian bangsa dan memberikan andil dalam pembangunan sumber daya manusia yang memiliki karakter, sikap santun bermartabat sebagai atensi terhadap lingkungan yang diwarnai kekerasan dan polusi budaya,' tuturnya. 

Ia selaku Ketua DPP LASQI Pusat merasa gembira melihat perkembangan para peserta diajang FSQ Provinsi di Kabupaten Kapuas. Ia mengatakan, perkembangan dari tahun ke tahun cukup membanggakan potensi yang dimiliki para peserta dan jauh lebih meningkat, menggambarkan tumbuhnya kesungguhan di kalangan seniman muslim.

'Meningkatkan prestasi seni budaya Islam bahwa seni tidak hanya sebatas tuntunan tetapi juga sebagai tontonan, hiburan bagi masyarakat. Sudah lebih maju diposisikan sebagai seni media dakwah dan berfungsi sebagai tanggul membendung kemerosotan akhlak dan perilaku negatif yang mengganggu ketentraman masyarakat,' terangnya.

Selanjutnya, Ketua DPW LASQI Provinsi Kalteng dalam sambutannya menyampaikan adapun hasil Rapat Kerja bahwa untuk tahun 2017 yang menjad Tuan Rumah FSQ Ke VI (enam) Tingkat Provinsi Kalteng adalah Kabupaten Barito Utara.

Kemudian, ia mengatakan untuk lomba pengembangan tahun depan berdasarkan ide Ketua DPD LASQI Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat yaitu Lomba Fashion Busana Muslim Benang Bintik dan Lomba Cipta Lagu Qasidah. 'Mulai dibuka hari ini, silahkan anak-anak muda untuk berkreasi,' ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia dan seluruh jajaran DPW LASQI Kalteng menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang selalu kompak dalam melaksanakan dan melayani di FSQ Tingkat Provinsi. 'Kami semua merasa bahagia dan puas,' pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru