Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPU Sukamara Siapkan Rp100 Juta untuk Perbaikan TPS

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Oktober 2016 - 02:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sukamara melalui Bidang Cipta Karya akan menganggarkan dana Rp100 juta untuk rehabalitasi fasilitas Tempat Pembuangan Semementara (TPS) Sampah yang mengalami kerusakan.

Kabid Cipta Karya Dinas PU Sukamara Sapri mengatakan, hasil peninjauan bersama Wakil Bupati Sukamara  terhadap laporan masyarakat adanya kerusakan TPS akan ditindaklanjuti dengan melakukan pembenahan atau rehabilitasi terhadap fasilitas yang rusak.

'Ada tiga lokasi yang ditinjau langsung yakni TPS jalan Pelabuhan, TPS komplek pemakaman Al Raudhah dan TPS depan SDN Mendawai 3,' kata Sapri, Kamis (27/10)

Menurutnya, untuk pelaksanaan rehabilitasi TPS tersebut tidak hanya d itiga lokasi. Sebab nantinya akan dilihat kondisi TPS yang lainya untuk tetap dibuat lebih baik sehingga selain membuat menjadi nyaman bagi lingkungan juga akan mendukung keindahan.

'Ada sebanyak 30 unit TPS yang tersebar dibeberapa lokasi sehingga semuanya nanti akan dilihat kondisinya untuk direhab atau diperbaiki dengan anggaran sekitar Rp50 juta sampai Rp100 juta dengan tingkat perbaikan menyesuaikan dengan kondisinya,' ucap Sapri.

Sementara ketika ditanyakan banyaknya fasilitas TPS yang rusak, Sapri mengatakan bahwa pada awal dibangun atau dibuat fasilitas TPS sudah lengkap, baik untuk penutup maupun pintu yang bisa dibuka tutup. Namun seiringnya berjalan waktu kelengkapan TPS tersebut sudah rusak dan hilang.

'Seperti TPS yang kemarin kita tinjau sebenarnya saat dibangun sudah lengkap dengan penutup dan pintu yang terbuat dari besi. Kemungkinan karena bagian tersebut sudah rusak kemudian ada yang mencuri,' ujar Sapri.

Sebelumnya Wakil Bupati Sukamara Windu Subagio mengharapkan agar seluruh  masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga fasilitas yang sudah terbangun dan apabila membuang sampah di TPS agar benar-benar diletakkan sesuai petunjuk.

Untuk dapat menjaga fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah, maka perlu ada sinergi yang baik antar pemerintah dan pengguna fasilitas tersebut. Contohnya seperti menempatkan sampah agar tidak sembarang atau melemparnya begitu saja di luar tempat sampah yang nantinya bisa dibawa oleh binatang liar.

'Agar volume sampah tidak menumpuk maka masyarakat sampah harus mengatur jam-jam berapa harus membuang sampah, miasalnya pagi saat truck sampah mengangkut sampah,' ujar Wakil Bupati Sukamara. (MG-13/m)


TAGS:

Berita Terbaru