Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Sektor Peternakan Melalui Agribisnis

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Oktober 2016 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Sektor peternakan jadi andalan untuk meningkatkan pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sukamara. Karena itu, peternakan akan terus dikembangkan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan di Bumi Gawi Barinjam ini melalui usaha berbasis pertanian atau agribisnis.

'Berkembangnya sektor peternakan akan dibarengi dengan tumbuhnya usaha pengedia pakan ternak, selain itu juga dapat menghasilkan produksi pupuk dan yang paling penting pemenuhan bahan makanan dan konsumsi daging bagi masyarakat yang merupakan sumber protein hewani,' kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Kamis (27/10/2016).

Menurut Ahmad Dirman,  pengembangan sektor peternakan di Sukamara memberikan kontribusi luas bagi perekonomian masyarakat, seperti meningkatnya pendapatan, khususnya bagi peternak, menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan dengan usaha yang akan tumbuh sebagai pendukung.

Pembangunan sektor peternakan ini semakin penting mengingat turut berperan dalam mendukung terwujudnya Program Ketahanan Pangan yang secara Nasional, karena itu pembangunan peternakan pedesaan juga membuat Kabupaten Sukamara bisa menjadikan kabupaten yang swasembada daging.

'Tahun ini kami menargetkan adanya peningkatan produksi ternak baik dari segi jumlah populasi ternak yang sehat dan produktif maupun peningkatan produksi daging dan telur,' ujar Ahmad Dirman.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sukamara, Suratman mengatakan upaya meningkatkan poetnsi peternakan di Kabupaten Sukamara selain meningkatkan usaha peretnakan yang ada juga peningkatan pengawasan akan terus dilakukan agar program yang dilaksanakan oleh pemerintah dapat berjalan dengan baik.

'Terutama dalam segi pengawasan akan semakin ditingkatkan agar program yang dilaksanakan untuk pengembangan peternakan di Sukamara semakin terarah dan dapat bermanfaat bagi dunia peternakan,' kata Kepala Distanak Sukamara, Suratman. (MG-13/N).

Berita Terbaru