Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Babukung Akan Dihiasi Sakralnya Prosesi Pemberian Gelar Adat oleh DAD

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Oktober 2016 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pelaksanaan Festival Babukung  yang akan berlangsung pada 28-31 Oktober 2016 ternyata tidak semuanya berkaitan dengan Seni Tari Babukung. Panitia pelaksana telah menyelipkan agenda sakral bernama Acara Adat Penggolaran, atau umum dimaknai dengan acara pemberian gelar kehormatan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Lamandau.

"Iya, tahun ini akan ada lagi prosesi adat Penggolaran (Pemberian Gelar Adat Dayak). Acaranya akan langsung diambil alih oleh Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Lamandau, dalam hal ini dipimpin langsung oleh Mas Labihi Patih Kunci Ir. Marukan, ketua DAD Lamandau, yang juga merupakan Bupati Lamandau saat ini," ungkap tokoh Adat Dayak Lamandau Mas Jayang Mangku Rakyat H Tommy Hermal Ibrahim, yang juga merupakan Ketua DPRD Lamandau,  kepada Borneonews, Kamis (27/10/2016).

Salahs atu tokoh pendiri Kabupaten Lamandau yang akrab di sapa Haji Tommy itu menyebutkan, acara Penggolaran atau penobatan gelar Adat Dayak tersebut bukan merupakan prosesi biasa. Pasalnya, kata dia, penggolaran hanya akan diberikan kepada seseorang atau tokoh yang didasari kualifikasi tertentu berdasarkan hasil musyawarah adat.

"Penggolaran juga merupakan salah satu bentuk penghormatan, hadiah, ucapan terima kasih dan sebuah penghargaan yang luar biasa kepada seseorang atau tokoh yang dianggap telah berjasa dalam bidang dan keahlian tertentu," katanya.

Seperti yang sudah mengemuka akhir-akhir ini, selain sejumlah nama tokoh lain, beberapa nama yang dipredikasi akan diberikan gelar Adat Dayak Tomun dari DAD Lamandau ini antara lain adalah Brigadir Jenderal (Purn) Victor Phaing, serta Drs. Nahason Taway.

Kedua tokoh Kalteng tersebut dinilai telah berjasa kepada masyarakat Kalteng khususnya, dan Republik Indonesia umumnya, selama hidupnya hingga saat ini. Seperti diketahui, kedua tokoh tersebut juga pernah menduduki jabatan strategis yakni sebagai Wakil Gubernur Kalteng di masa lampau.

"Beliau-beliau ini (Victor Phaing dan Nahason Taway) sudah terkonfirmasi akan hadir dan akan datang langsung ke Lamandau sejak pembukaan Festival Babukung," katanya.

Dalam prosesinya, Penggolaran akan dipandu langsung oleh tokoh adat dan para mantir adat yang ada di Lamandau. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru