Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Bentukan Menkopolhukam Pantau Pilkada Kobar

  • 27 Oktober 2016 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim desk Pilkada bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) mulai memantau tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2017-2022.

Tergabung dalam Tim Desk Pilkada diantaranya, Brigjen TNI Safi'ul (Bandep Sosbud Wantanas) sebagai Ketua Tim, Indra M Harahap (Pembantu Utama A-1 Dir A Bais TNI), Jeffry A Rahawarin ( Kabid 1.3/I Poldagri), Sumantri (Tenaga Ahli Depolstra Wantanas), Imam Fauzi (Staf TU Dep-I Poldagri), Abdul R Gais (Staf TU Dep-I Poldagri).

Ketua Tim Desk Pilkada Brigjen TNI Safi'ul mengatakan, pihaknya datang khusus memantau persiapan Kabupaten Kobar dalam Pilkada 2017. Tim Desk Pilkada sendiri sama juga seperti Tim Satgas Pemantau Pilkada, bedanya hanya struktur kepengurusannya terdiri dari Polhukam dan Bais.

"Usai rapat di Aula Pemkab Kobar, kami mulai memantau persiapan di sejumlah instansi, diantaranya KPU, Panwaslu, Polres dan jajaran TNI," ucapnya.

Persiapan di Kobar, kata Safi'ul, dinilai lebih maju dibanding daerah lain yang juga menggelar Pilkada pada 2017 ini. TNI/Polri di Kobar telah melakukan geladi posko, sedangkan daerah lain yang akan melaksanakan Pilkada serentak belum melakukan geladi tersebut.

"Dari segi progres persiapan, Kobar lebih maju," ungkapnya.

Syafi'ul menegaskan, dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2017, Pemerintah Pusat tidak membeda-bedakan setiap daerah yang menggelar pesta demokrasi, meski seperti yang diketahui bersama Kabupaten Kobar pernah menorehkan sejarah kelam akibat konflik dalam Pilkada 2010.

"Untuk perhatian khusus tidak ada. Sama seperti daerah lain. Kita imbau agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan aman dan damai," sambungnya.

Kedatangan desk pilkada ini, kata Syafi'ul, merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana kesiapan daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2017 sehingga setelah mengunjungi Kobar, Desk Pilkada Kemenko Polhukam juga akan mengunjungi daerah peserta pilkada lainnya.

Syafi'ul selanjutnya meminta masing-masing pihak yang terkait dengan pelaksana Pilkada menyampaikan ekspose terkait persiapan yang telah dilakukan. "Seluruh hasil pemaparan akan kita himpun dan sampaikan kepada Menko Polhukam," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/m)

Berita Terbaru