Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sabtu, Paslon Deklarasikan Pilkada Damai Cegah Gesekan saat Kampanye

  • 28 Oktober 2016 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Mencegah gesekan antar pendukung dan simpatisan calon Bupati dan wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) 2017-2022, KPU Kobar akan menggelar deklarasi pilkada damai dan berintegritas, Sabtu (29/10/2016). Sebanyak lima pasang calon akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kotawaringin Barat 2017.

"Besok akan digelar kampanye dan penandatanganan deklarasi pilkada damai dan berintegritas," ujar Ketua KPU Kabupaten Kobar, Siti Wahidah, di Pangkalan Bun, Jumat (28/10/2016).

Menurut Siti Wahidah, deklarasi calon Bupati dan calon wakil Bupati itu cukup penting untuk mendengarkan langsung komitmen mereka dihadapan publik. "Kampanye sudah dimulai, ada beberapa hal yang sangat perlu diketahui paslon dalam penyampaian materi kampanye menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila, informasi yang disampaikan harus berimbang dengan penuh tanggungjawab," tegasnya.

Materi kampanye yang disampaikan, kata Siti Wahidah, haruslah untuk program peningkatan kesejahteraan rakyat dengan mengacu pada perencanaan program yang pro rakyat dan bukan bersifat janji fiktif yang tidak mungkin mampu dilakukan.

Kemudian terpenting lagi, materi kampanye harus bersifat edukatif dan mewujudkan pembangunan daerah terintegrasi dengan pembangunan nasional sehingga pencapaian program kampanye politik sinergi dengan perencanaan pembangunan untuk ke depan.

"Paslon juga berhak mendapatkan perencanaan program pemerintah daerah sehingga bisa menjabarkan atau menyesuaikan arah kebijakan dalam materi kampanye lebih objektif," imbuhnya.

Siti Wahidah menyebutkan, integritas yang dimaksudkan dalam tema deklarasi itu adalah adanya kesesuaian antara yang dipikirkan dengan yang diucapkan, bila telah mendeklarasikan damai, maka hendaknya sama-sama dipatuhi dan dilaksanakan.

Sementara itu Kapolres Kobar, AKBP Pria Premos mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pengamanan untuk semua proses tahapan agar terlaksana dengan aman, damai dan tertib. "Kami akan terjunkan dua pertiga personel yang ada di Polres Kobar untuk pengamanan Pilkada," ucapnya.

Selain dari Polres Kobar, pihaknya juga akan mendapat bantuan personel dari Polres Kabupaten terdekat seperti Polres Lamandau dan Polres Sukamara serta Satuan Brimob Polda Kalteng.

"Persiapan sudah matang, sebelumnya sejumlah latihan persiapan pengamanan Pilkada telah digelar," beber Kapolres Kobar. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru