Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim Pangkalan Bun: Indonesia akan Nikmati Bonus Demografi

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 28 Oktober 2016 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menikmati suatu era langka yang disebut bonus demografi pada 2020 sampai 2035. Bonus Demografi menjadi peluang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah cukup signifikan.

" Jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini yakni mencapai 64 % dari total jumlah penduduk indonesia," kata Dandim 1014/Pangkalan Bun, Letkol Inf Wisnu Kurniawan saat menjadi Irup peringatan Sumpah Pemuda di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, di Pangkalan Bun, Jumat (28/10/2016).

Ia menggambarkan rasio sederhananya bahwa setiap 100 penduduk Indonesia terdapat 64 orang berusia produktif sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia. "Rasio produktif  di atad 64 persen sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju, tapi baru kita nikmati nanti tahun 2020," beber Dandim.

Namun jumlah usia produktif yang besar saja tidak akan cukup apabila tidak diimbangi dengan kualitas yang baik, untuk itu menjadi tugas emua pihak agar bonud demografi ini menjadi memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia untuk pembuktian dalam sejarah Indonesia untuk kesekian kalinya pemuda menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia.

" Ini menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi menjadi negara maju sejajar dengan negara besar lainnya menuju MEA dan perdagangan bebas Asia dan Dunia," tegas Wisnu.

Dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda tersebut juga dibacakan teks sumpah pemuda oleh putra-putri yang mengenakan pakaian adat dari 33 provinsi di Indonesia.

Sementara itu hadir dalam upacara tersebut Muspida serta pejabat dilingkungan pemkab Kobar dan diikuti pelajar SLTP dan SLTA di Pangkalan Bun. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru