Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pesta Budaya Babukung

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 28 Oktober 2016 - 20:45 WIB

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober kali ini sangat istimewa bagi Kabupaten Lamandau. Lamandau  memiliki cara tersendiri membangun semangat kebangsaan,  semangat persaudaraan, semangat persatuan, kerukunan, dan perdamaian.

Adalah gagasan cemerlang Bupati Marukan mengangkat produk budaya sektoral menjadi produk budaya komunal. Produk budaya ritual menjadi pentas teatrikal. Mengangkat upacara ritual suku Dayak Tomun menjadi produk budaya bersama.

Marukan menciptakan wahana membangun semangat kebersaman yang melampaui batas-batas kesukuan, melampaui batas etnis. Akar budaya telah diangkat menjadi pokok budaya daerah,  yang kelak akan mewarnai budaya nasional.

Dan sudah terbukti, ritual etnis Dayak Tomun yang disebut upacara Babukung telah diangkat menjadi budaya bersama. Yaitu telah dijadikan festival tahunan yang bukan hanya diikuti oleh berbagai sub-suku Dayak saja, melainkan festival ini menjadi acara pesta budaya semua  suku yang ada di Lamandau.

Festival ini bukan hanya kolosal. Tetapi juga heterogen, melibatkan belasan suku,  seperti suku Jawa, Batak, Flores, Toraja, Bali, Belu, Makassar, Sunda, dan sebagainya.

Sebuah tagline telah diciptakan, yaitu 'Semua untuk Lamandau dan Lamandau untuk semua.'

Inilah pesta budaya tahunan, yang bukan hanya menciptakan dan membangun semangat baru.  Yaitu semangat kedaerahan yang dikemas menjadi budaya kontemporer yang bisa dinikmati dan dimiliki bersama.

Dan, kelak, budaya Babukung bisa dikemas menjadi komoditi pariwisata yang sangat menjanjikan.

Babukung, bisa menjadi budaya baru yang harus dijaga dan dikembangkan keberlangaungannya bukan hanya untuk dua tahun atau tiga tahun. Babukung bisa menjadi komoditi selamanya.  Karena itu Marukan dengan sadar menyatakan,  jika kelak ia tidak menjabat bupati lagi,   ia berharap penggantinya bisa meneruskan dan menjaga Festival Babukung menjadi pesta budaya tahunan Lamandau. (*)

Berita Terbaru