Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Sosial Diharapkan Kurangi Kemiskinan di Kotawaringin Timur

  • Oleh M. Rifqi
  • 04 November 2016 - 16:48 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Timur - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sutik mengharapkan pelaksanaan program Kementerian Sosial RI di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dapat mengurangi tingkat kemiskinan. PKH salah satu program Kementerian Sosial sejak 2007 digulirkan dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kabijakan di bidang perlindungan sosial.

'Ada beberapa program Kemensos RI yang kami harapkan bisa mengurangi angka kemiskinan di daerah. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), rumah tidak layak huni, dan lainnya,' kata anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sutik, di Sampit, Jumat (4/11/2016).

Program Keluarga Harapan salah satu program Kementerian Sosial RI yang sejak 2007 digulirkan dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kabijakan di bidang perlindungan sosial. PKH tidak sama dan bukan lanjutan program subsidi/bantuan langsung tunai (BLT).

Program ini lebih dimaksudkan sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan sosial penduduk miskin sekaligus sebagai upaya memotong mata rantai kemiskinan yang terjadi selama ini di Indonesia.

'Kami tentu berharap dalam pelaksanaanya PKH itu tidak salah sasaran. Guna menghindari hal itu, penerima PKH harus ada validasi data,' ujar politisi Partai Gerindra itu.

Sutik juga mengusulkan agar penerima PKH di daerah itu membentuk kelompok, terutama yang berada dalam satu kecamatan. Mereka bisa berhimpun dalam sebuah badan berbentuk koperasi.  Tujuannya, sebagai wadah pemberdayaan peserta PKH agar dapat lebih sejahtera dan mandiri.

'Sehingga nantinya dana PKH itu bisa bernilai dengan pengelolaan yang baik, tidak habis hanya untuk kebutuhan konsumtif,' saran dia. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru