Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pangdam Sambut Kedatangan Satgas Pamtas Yonif 131/BS

  • Oleh Budi Baskoro
  • 05 November 2016 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kubu Raya - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Andika Perkasa menyambut  kedatangan Prajurit Bataliyon Infanteri 131/Braja Sakti, di Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang No. 1, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (3/11/2016) malam. Prajurit Yonif  131/BS, dipimpin Danyon Letkol Inf Denny, yang berkedudukan di Payakumbuh, Sumatera Barat, akan menggantikan Satgas Pamtas Yonif 144/JY di perbatasan RI-Malaysia.

"Operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia yang ditugaskan kepada Yonif 131/Braja Sakti ini, merupakan suatu kepercayaan dan kehormatan yang diberikan negara kepada saudara,' tegas Pangdam Tanjungpura, Mayjen Andika Perkasa, seperti dikutip dalam rilis Pendam Tanjungpura, yang diterima Sabtu (5/11/2016).  

Dalam UU RI nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, disebutkan, tugas pokok TNI menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan wilayah NKRI dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara. Implementasi dari tugas pokok tersebut, melaksanakan pengamanan perbatasan RI-Malaysia, tugas operasi militer selain perang.

Pangdam mengingatkan prajurit Yonif 131/BS, tugas operasi Pamtas RI-Malaysia tidaklah ringan. Kompleksitas permasalahan di perbatasan akhir-akhir ini semakin meningkat, seperti terjadinya illegal trafficking, illegal logging, pelintas batas, penyelundupan barang-barang ilegal dan termasuk peredaran narkoba dan masih banyak lagi permasalahan lain yang menjadi fenomena kejahatan lintas Negara. 

'Ini semua sangat membutuhkan kepedulian kita semua terutama kepada personel Satgas dalam mengatasi maupun mengantisipasi permasalahan tersebut', ujarnya.

Selain itu, banyaknya permasalahan yang terjadi di perbatasan menuntut prajurit untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan masyarakat perbatasan. Yaitu dengan memperbanyak kegiatan kemasyarakatan, sehingga tercipta kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Pangdam berharap Satgas Yonif 131/BS, selalu mengembangkan kreativitas masing-masing prajurit serta melaksanakan pembinaan teritorial dan memelihara hubungan baik dengan semua lapisan masyarakat. Sehingga,  akan meraih simpati masyarakat yang dapat digunakan dalam mengantisipasi berbagai macam kerawanan dan ancaman keamanan, serta selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat di wilayah perbatasan. Juga  senantiasa menghormati budaya dan adat istiadat masyarakat setempat dan menghindari pelanggaran yang dapat mencoreng nama baik TNI. (PENDAM TANJUNGPURA/N).

Berita Terbaru