Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bunda PAUD Katingan: Pembentukan Karakter Anak Dilakukan Sejak Usia Dini

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 November 2016 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie mengatakan jika pembentukan karakter anak dilakukan sejak usia dini.

"Pendidikan anak usia dini mulai dari 0 hingga 6 tahun itu penting, dan mereka harus sudah masuk PAUD. Karena diusia ini adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan," ujar Endang Susilawatie, saat acara karnaval PAUD se Kecamatan Katingan Hilir di halaman Kantor Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (5/11/2016).

Menurutnya, jika karekter anak itu terbentuk dari usia 0 hingga 6 tahun. Sehingga di usia tersebut harus dilakukan bimbingan yang sangat luar biasa apa yang dilihat dan diperbuat anak di lingkungannya," katanya.

Pasalnya anak usia tersebut biasanya akan meniru setiap tingkah polah yang dilakukan sang kakak ataupun orang tuanya.

"Diusia seperti ini adalah masa kritis, untuk itu para orang tua dan guru-guru agar membimbing anak-anak ini ke arah yang lebih baik, karena bangsa kita sekarang sedang dijajah oleh narkoba, dan jangan sampai anak-anak kita sampai salah arah," katanya.

Menurut Endang yang juga Wakil Ketua I DPRD Katingan ini, dengan pola asuh sejak usia dini maka akan terbentuk karakter anak hingga masa remaja yang cerah.

Terkait dengan acara karnaval PAUD ini, isteri Bupati Ahmad Yantenglie mengaku ke depan tidak hanya di Kecamatan Katingan Hilir saja, namun setiap kecamatan juga akan diadakan. 

Pasalnya acara seperti ini mendukung visi dan misi Kabupaten Katingan, yaitu cerdas, sehat, dan terbuka.

"Kegiatan lomba karnaval dan lomba lainnya yang sudah dilaksanakan bagi anak usia dini ini dalam rangka mendukung gebyar PAUD serta memperingati Hari PAUD se Indonesia dan juga penobatan Bunda PAUD kecamatan, kelurahan hingga desa yang akan dilaksanakan 12 Nopember mendatang," tukas Endang. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru