Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Cegah Penyebaran HIV/AIDS Melalui Sosialiasi

  • Oleh Norhasanah
  • 07 November 2016 - 17:07 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Upaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara menangkal penyebaran virus HIV/AIDS dengan terus melakukan penyuluhan dan sosialiasi kepada masyarakat serta memantau lokasi yang menjadi pintu masuk penyebaran virus mematikan tersebut. Saat ini masih ada penderita HIV/AIDS yang terdeteksi diwilayah ini. Karena itu, agar jumlah penderita tidak meningkat, Dinkes terus melakukan berbagai upaya pencegahan.

'Mencegah penyebaran virus HIV/AIDS melalui Puskesmas dan unit jaringannya kita selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit tersebut di wilayah-wilayah yang kita anggap rentan muncul dan terjadi penyebaran.' Kata Kepala Dinkes Sukamara, Junaidin Tarigan, Senin (7/11/2016).

Menurut Tarigan sosialisasi langsung kepada masyarakat adalah salah satu cara paling efektif untuk memantau penyebaran penyakit tersebut, meskipun saat ini di Sukamara sudah tidak ada lagi tempat prostitusi yang merupakan lokasi rentan munculnya penyebaran virus HIV/AIDS.

'Meskipun sudah tidak ada lagi tempat prostitusi bukan berarti penyebaran virus HIV/AIDS sudah hilang. Itu sebabnya pencegahan sejak diri terus kita lakukan, salah satunya dengan memantau wilayah perkebunan yang menjadi konsentrasi masyarakat dari berbagai wilayah serta di kawasan pintu masuk seperti kawasan pelabuhan,' ujar Tarigan.

Saat ini masih ada masyarakat Kabupaten Sukaara yang mengidap HIV AIDS, namun  saat ini sudah dilakukan penanganan terhadap warga penderita tersebut. 'Untuk penderita memang dan saat ini Sudah  dilakukan penanganan' ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinkes Sukamara, Junaidin Tarigan, menghimbau seluruh masyarakat Kabuapten Sukamara untuk dapat menghindari hal-hal serta penyebab terjadinya penyebaran virus HIV AIDS yakni dengan cara tidak melakukan seks bebas, selain pasangan sah. (MG-13/N).

Berita Terbaru