Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 Pengurus PMI Sukamara Resmi Dilantik

  • Oleh Norhasanah
  • 07 November 2016 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Sebanyak 11 orang pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukamara 2016-2022 resmi dilantik oleh Ketua PMI Kalimantan Tengah. Dengan dilantiknya PMI Sukamara itu, diharapkan dapat mendorong dan memberdayakan masyarakat rentan agar lebih mampu dalam penyelamatan hidup dan peningkatan kesejahteraan.

'Kita ketahui PMI suatu organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, dilandasi rasa kemanusiaan untuk saling tolong-menolong dalam penderitaan tanpa membedakan agama, suku, bangsa, golongan, warna kulit, jenis kelamin, bahasa dan pandangan politik.' Kata Wakil Bupati Sukamara, Windu Subagio saat membacakan sambutan Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Senin (7/11/2016).

Windu berpesan kepada para pengurus PMI Kabupaten Sukamara agar senantiasa melakukan komunikasi dan koordinasi yang intensif terhadap jejaring PMI, khususnya  dengan para pengurus PMI Provinsi Kalimantan Tengah demi kemajuan dan kejayaan PMI di Bumi Gawi Barinjam.

'Dengan telah dilantiknya kepengurusan ini, saya berharap agar para pengurus PMI Kabupaten Sukamara,  dalam menyusun rencana, program dan  kebijakan serta semua aktivitasnya, harus dapat dilaksanakan dengan melibatkan elemen-elemen masyarakat, sehingga semakin menguatkan motivasi dan dedikasi kita semua dalam rangka mendorong dan mengemban tugas-tugas kemanusiaan yang lebih baik.' Pesan Windu Subagio.

Dengan demikian maka akan terwujud PMI Kabupaten Sukamara menjadi organisasi kemanusiaan yang profesional, tanggap dan di cintai masyarakat. 

Dengan terbentuknya kepengurusan PMI Kabupaten Sukamara itu, ditahun yang akan datang, pengurus dapat membentuk kepengurusan PMI tingkat kecamatan di seluruh kecamatan,  serta membentuk palang merah remaja di setiap sekolah.

Ketua PMI Kalimantan Tengah,  Nahson Taway mengatakan sebagai lembaga sosial membantu pemerintah dalam arti tidak mengambil alih tugas-tugas pemerintah, oleh itu jajaran pengurus hendaknya memahami sebagai lembaga sosial kemanusian dalam melaksanakan tugas dan kegiatan terkait dengan prinsip-prinsip Dasar Gerak Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah Internasional .

'Dengan demikian PMI, khusunya di Kabupaten Sukamara mempunyai kedudukan dan peran yang strategis dalam menghadapi kemungkinan timbul kerawanan sosial, sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana dan masalah kesehatan masyarakat.'

Oleh  karena itu, PMI harus menyesuaikan program kerja tahunannya yang diprioritaskan sejalan dengan garis-garis kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat, provinsi kalteng dan Kabupaten Sukamara, tanpa mengurangi prinsip-prinsip dasar kepelangmerahan. (MG-13/N).

Berita Terbaru