Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Putus Jalan Trans Kalimantan

  • 07 November 2016 - 18:15 WIB

Luapan air Sungai Kahayan dan Rungan akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir menyebabkan jalan Trans Kalimantan poros tengah, tergenang banjir, Senin (7/11/2016).

Air dengan kedalaman mencapai 30 cm menggenangi sekitar 2,5 kilometer ruas jalan penghubung Kota Palangka dengan sejumlah kabupaten di utara Kalimantan Tengah (Kalteng), serta provinsi tetangga tersebut.

Pantauan Borneonews, pada Senin (7/11/2016) pagi, ruas jalan yang terpapar banjir terparah berada di Desa Sungai Lais, Kecamatan Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau. Di lokasi ini, pengendara roda empat harus mengantre untuk melintasi lintasan jalan yang digenangi air. Antrean diawasi petugas Polres Pulang Pisau dibantu prajurit TNI dari Koramil setempat dengan sistem buka tutup.

Sedangkan pengendara roda dua sebagian besar menaikkan kendaraannya ke mobil-mobil bak terbuka atau menggunakan jasa feri kelotok (perahu bermesin) untuk diantarkan melewati jalan yang tergenang banjir.

Hal itu mereka lakukan mengingat ketinggian banjir menyebabkan banyak sepeda motor yang sebelumnya nekad melintasi genangan banjir mogok di pertengahan jalan.

'Untuk sepeda motor, lebih baik minta diantarkan kelotok. Sudah banyak yang mogok di tengah jalan,' kata Jazuli, sopir mobil angkutan barang kebutuhan pokok yang baru melintasi banjir di sekitar lokasi.

Kondisi banjir ini memang membuka peluang warga setempat yang memiliki kelotok untuk membuka jasa pengantaran kendaraan roda dua. Per sepedamotor terkena tarif Rp15.000-Rp20.000 sekali angkut bersama pemiliknya. (DINDAN RIZKI/m)


TAGS:

Berita Terbaru