Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Pastikan Program HTR Mulai Direalisasikan

  • Oleh Roni Sahala
  • 07 November 2016 - 19:34 WIB

BORNEONEWS, PALANGKA RAYA ' Realisasi program Hutan Tanaman Rakyat (HTR) di Kalimantan Tengah sedang berjalan, Senin (7/11/2016). Pada tahap pertama, areal seluas 8.000 hektare di Kabupaten Pulang Pisau, akan ditanam 8 juta bibit sengon. 

Sebelumnya, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerbitkan surat keputusan. Adapun isinya, areal seluas 1,6 juta hektare di tiga kabupaten di Kalimantan Tengah akan dijadikan HTR. 

Kemudian pada Minggu (6/11/2016), Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan sengon milik PT Naga Bhuana Aneka Piranti di Wonogiri, Jawa Tengah. 

Rencananya, perusahaan tersebut akan berinvestasi di Kalteng dengan membangun pabrik. Diharapkan dengan berdirinya pabrik pengolahan dekat areal hutan sengon, dapat meningkatkan penghasilan rakyat. 

'Kita tentu menyambut baik rencana itu. Namun kita tak ingin hanya menjadi pemasok bahan baku,' kata Sugianto Sabran. 

Di Jawa Tengah,  adanya pabrik pengolahan mampu mendongkrak penghasilan masyarakat. sengon harga jual di tingkat petani mencapai Rp1,2 juta per meter kubik. 

Siti Nurbaya mengatakan, HTR dirancang untuk lebih bersifat usaha kecil dan bersinergi dengan industri perkayuan. 'Penerapan teknologi dan keunggulan sumber daya manusia agar diperoleh nilai tambah yang tinggi,' kata dia. 

Deputi Perencanaan dan Kerja Sama, Badan Restorasi Gambut, Alue Dohong mengatakan, HTR tak akan mengganggu program restorasi. Kata dia, program tersebut tidak dilaksanakan di atas program BRG. (ca/*) 

Berita Terbaru