Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Buntok Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Balita

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 09 November 2016 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - UPTD Puskesmas Buntok membuat suatu kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan buku kesehatan balita, dan kader bunda balita sehat. Ini bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi anak bawah lima tahun (balita), 

Sosialisasi yang digelar pada 7-8 November tersebut merupakan program proyek perubahan yang mengangkat peningkatan pelayanan kesehatan bagi balita di UPTD Puskesmas Buntok.

Kegiatan itu diikuti oleh guru-guru PAUD/TK/RA, orangtua murid dan stakeholder, dengan mendatangkan narasumber berkompeten tehadap masalah kesehatan. Yakni Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel, drg Daryomo Sukiastono dan coach Stepanus.

Kepala UPTD Puskesmas Buntok, Hj Endang Sugiarti Widayani mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya, terkait dengan inovasi buku kesehatan balita yang berisi tentang keadaan umum, kesehatan gigi dan mulut, status gizi, imunisasi dan promosi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Dalam hal ini kami telah bekerjasama dengan guru PAUD/TK/RA yang tersebar di wilayah Kota Buntok. Karena menurut kami, mereka merupakan bagian dari Kader Bunda Balita Sehat," ujarnya usai menggelar kegiatan itu. Selasa (8/11/2016).

Endang juga mengatakan, buku kesehatan balita tersebut  diharapkan dapat dijadikan sebagai dokumentasi dan komunikasi antara guru, orangtua dan pihak puskesmas, agar kesehatan balita di wilayahnya dapat benar - benar terkontrol dengan lebih baik.

"Karena buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam hal memantau kesehatan balita di setiap PAUD/TK/RA, khususnya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Buntok," imbuhnya. (LAILY/m)

Berita Terbaru