Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran di Rindang Banua, 14 Unit Rumah Ludes

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 November 2016 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -- .Kebakaran di Kompleks Rindang Banua, Gang Sayur, Palangka Raya,  pada Rabu pagi ini (9/11/2016)  menghanguskan 14 rumah warga. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya merupakan barak dengan total delapan pintu. Kerugian akibat kejadian itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Ketua RT 06, RW 26, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Salbani mengatakan, api dengan cepat membakar bangunan yang berkonstruksi kayu. Dalam jangka waktu 5 menit, beberapa rumah sudah hangus terbakar.

Menurutnya, api bersumber dari sebuah warung popcorn, sembako plus jualan bensin milik warga yang biasa disapa Mama Ijai. Namun dia tidak mengetahui apa penyebabnya meskipun dugaan kompor gas meledak. Di sisi lain, Salbani menyebut tidak mendengar adanya suara ledakan. Api kemudian menyambar bensin hingga membuat berkobar dan menjalar cepat ke bangunan lainnya.

"Warga kemudian bahu-bahu memadamkan. Juga kemudian datang petugas pemadam kebakaran. Untungnya, air lagi dalam sehingga mudah mendapatkan air," ucap Salbani kepada Borneonews, Rabu (9/11/2016).

Sementara itu, dua barak tersebut diketahui milik Rusmini. Namun dari delapan pintu, tiga sisanya masih kosong. Sedangkan Mama Ijai sendiri tinggal di sebuah rumah (terpisah dari barak) yang dijadikan sebagai tempat usaha warung.

"Baraknya punya mama saya. Ada dua barak, totalnya delapan pintu. Tapi terisi baru lima pintu," kata Rahmad alias Amat.

Sumber api dari warung Mama Ijai, juga diamini Kapolsek Pahandut AKP Ani Maryani. Hal ini berdasarkan keterangan dari beberapa saksi. Namun demikian, pihaknya masih melakukan pendalaman. "Berdasarkan keterangan saksi, asal muasal kebakaran diduga dari rumah Mama Ijai yang menjual semabko, bensin serta makanan ringan popcorn," ucap Ani.

"Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta," tutur Kapolsek. (BUDI YULIANTO/*)

Berita Terbaru