Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hj Nurhidayah: Terkendala Alat Tangkap Nelayan Kumai Sulit Sejahtera

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 10 November 2016 - 12:46 WIB

BORNEONEWS,  Kumai -- Nelayan di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam menjalankan aktivitas penangkapan ikan di laut masih menggunakan alat tangkap yang sederhana seperti pukat.

Dengan keterbatasan alat tanggkap yang dimiliki berimbas pada hasil tangkapan ikan nelayan yang tidak maksimal dan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan mereka. Menurut para nelayan jangankan untuk meningkatkan kesejahteraan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari pun mereka kesulitan. 

" Kendala yang kita hadapi dalam melakukan aktivitas adalah keterbatasan alat tangkap, karena dengan minimnya alat yang kita gunakan tentu saja berimbas pada hasil tangkapan kami," kata Suriansyah salah satu nelayan di Kumai.

Ia juga menjelaskan, kendala lainnya adalah terkait dengan bahan bakar, mereka menegaskan bahwa saat ini mendapatkan bahan bakar jenis solar mereka sangat sulit. 

"Berkurangnya hasil tangkapan jelas berpengaruh pada biaya operasional terutama untuk bahan bakar, selain itu juga sulit mendapatkan bahan bakar tersebut," keluh dia.

Persoalan yang membelit potret nelayan di kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) khususnya di Kecamatan Kumai menjadi bidikan dari Pasangan Nurani untuk Kecamatan Kumai dalam  peningkatan sektor perikanan dan kelautan untuk masyarakat pesisir Kumai. Menurut Calon Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah, para nelayan perlu mendapatkan bantuan alat tangkap sehingga hasilnya bisa dapat dirasakan langsung. 

" Selama ini kendalanya para nelayan hanya alat tangkap, karena sebagian besar alat tangkap mereka masih sangat sederhana, sehingga hasilnya hanya cukup untuk makan saja dan membeli bahan bakar pun sulit. Hal ini sangat menantang bagi Pasangan Nurani, yang kebetulan salah satu program kamipun sangat bersinergi apa yang diprogramkan Gubernur Kalteng yakni. meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir," katanya saat menyambangi PPI Kumai. 

Selain mengunjungi PPI Kumai, Pasangan Nurani juga melakukan blusukan menyapa warga Kumai di Kelurahan Kumai Hulu dan Pasar Cempaka Kumai. Mereka mendapat sambutan luar biasa dari ratusan warga yang mengerumuni rombongan.  (KOKO SULISTYO/*)

Berita Terbaru