Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pabrik Tepung Ikan

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 09 November 2016 - 21:11 WIB

KABAR gembira datang dari Kotawaringin Barat. Daerah ini, bulan depan akan memiliki sebuah pabrik  tepung ikan.  Sudah tentu, hal ini bukan hanya  penciptaan  lapangan kerja baru. Tetapi juga rantai prioduksi yang memberikan nilai tambah baru.

Menurut pejabat dari Dinas Kelautan dan Perikanan, pabrik ini mampu mengolah  10 ton ikan per hari.   Pabrik yang didanai Pemerintah Pusat (APBN)  senilai Rp5 miliar ini  akan dikelola pemerintah daerah, dengan bentuk badan usaha koperasi.

Sudah pasti, pendirian pabrik ini merupakan suatu kebutuhan yang tepat. Mengapa Karena produksi ikan di daerah ini cukup besar.Mengingat  Kotawaringin Barat berhadapan dengan Laut Jawa, yang kaya ikan. 

Ini artinya, potensi perikanannya sungguh luar biasa. Jika diestimasikan, maka sebuah pabrik dengan kapasitas 10 ton per hari,  relative sangat kecil.  Karena potensi produksi ikan sesungguhnya mencapai ratusan ton.

Pertanyaan kita, tentu berkaitan dengan bagaimana mekanisme pasar yang akan diciptakan, sehingga  mesin pabrik terus bergulir setiap hari dengan kapasitas penuh.

Kita tidak mau bantuan pemerintah pusat ini mubazir gara-gara salah hitung, gara-gara salah kelola. Contoh yang paling gamblang adalah pabrik pengolah jagung  PD Agrotama Mandiri yang mangkrak dan kini berujung pada perkara tipikor.   

Karena itu, sejak awal, sambil menunggu pabrik selesai dibangun, maka  tata kelola pasar ikan harus sudah dirumuskan. Sudah harus terbentuk.  Tidak boleh lagi para pejabat  bersikap sembrono dan sok pintar. Karena logika pasar, berbeda dengan logika para birokrat.

Salah satu tata kelola pasar yang harus dipikirkan  diantaranya adalah, bagaimana caranya  agar bisa mendapatkan kuota bahan baku.  Sebab, selama ini, ikan hasil tangkapan nelayan  sudah  memiliki pangsa pasar tersendiri.  Artinya, ikan yang ada sudah habis diserap oleh pasar.

Contoh soal ini sepele.Tetapi inilah yang menyebabkan pabrik jagung PD Agrotama Mandiri itu bangkrut.  Artinya,  seluruh aspek pasar, harus dipikirkan  dengan matang.  Mulai dari bahan baku, bahan baku pendukung, sampai pemasaran hasil produksi, harus tuntas dipersiapkan.

Jadikan pabrik ini kebanggaan Kotawaringin Barat. Jadikan pabrik ini  sebagai  sarana mencipakan kesejahteraan bagi warga. Dan, jangan justru menjadi bancaan para pengelola yang tak bermoral. 

Berita Terbaru