Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gedung LPTQ Terbakar : Ratusan Perabot Event Besar Tak Terselamatkan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 November 2016 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik --  TERBAKARNYA Gedung  Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) kabupaten Lamandau yang terletak di jalan Batu Batanggui, Nanga Bulik, membawa kerugian besar.  

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juga rupiah. Isi gedung LPTQ di lantai dua berupa ratusan kursi, ratusan buah meja kayu, ratusan kasur lipat plus bantal guling, karpet, puluhan dispenser, puluhan kipas angin besar, aset LPTQ untuk menggelar event-event besar, hangus tak tersisa. Hanya beberapa lemari berisi kostum rebana, piala dan beberapa meja kursi yang berhasil diselamatkan.

Saat kejadian, sejumlah tokoh Lamandau juga terlihat datang, mulai dari Ketua DPRD Lamandau, H. Tommy Hermal Ibrahin, Ketua LPTQ Lamandau H. Arsyadi Madyah, Ketua PHBI Gujaliansah, Ketua BKPRMI H. Subandi Abdallah dan sebagian besar pengurus MUI dan tokoh lainnya. Wajar saja, Gedung tersebut selama ini berfungsi sebagai pusat kegiatan agama islam, termasuk merupakan sekretariat sejumlah organisasi/lembaga islam, mulai dari LPTQ, LASQI, MUI dan BKPRMI kabupaten Lamandau.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun diduga dari hubungan pendek arus/konsleting listrik.

"Penyebab kebakaran diduga disebabkan oleh konsleting listrik pada dudukan bohlam lampu di bagian tengah lantai dua," ungkap salah seorang petugas dari badan penaggulangan bencana daerah (BPBD), Ismail, di lokasi kejadian.

Kemudian, lanjut dia, ditambah lagi dengan tumpukan kasur busa, yang menyebabkan api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Terpantau, hingga Kamis (10/11/2016) aparat Polres Lamandau masih melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kebakaran. Peristiwa kebakaran juga mendapatkan perhatian pemerintah kabupaten Lamandau. Bupati Lamandau, Marukan, dan Wakil Bupati Lamandau, H. SUgiyarto, meninjau kondisi gedung LPTQ, Kamis (10/11/2016) siang. (Hendi Nurfalah/*)

Berita Terbaru