Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha Tanaman Hias di Kasongan Ketiban Rezeki

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 November 2016 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Pengusaha tanaman hias dan bibit buah-buahan di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, ketiban rezeki. Sejauh ini tidak banyak warga yang mengusahakan atau membudidayakan tanaman hias dan bibit buah. Padahal, kebutuhan akan tanaman hias, dan buah-buahan cukup tinggi, dengan muncul pembangunan perumahan.

"Alhamdulillah kita baru merilis usaha ini sekitar tiga bulan lalu, tapi sudah banyak warga yang membeli tanaman kita ini, baik jenis bunga maupun tanaman buah," sebut Ahmad Zubaidi, seorang pengusaha tanaman hias, ketika ditemui Borneonews, di Kasongan, Jumat (11/11/2016).

Pembangunan rumah, seperti perumahan BTN di Kasongan, semakin hari terus bertambah. Banyaknya warga yang menempati komplek perumahan, membuat kebutuhan akan tanaman hias, dan bibit buah-buahan cukup tinggi. Mereka menginginkan rumahnya asri, hijau, dan enak dipandang mata.

Menurut Ahmad Zubaidi, pemilik tanaman hias dan bibit tanaman buah yang membuka usahanya di Jalan Trans Kalimanan Km4 Kasongan, hampir setiap hari, ada saja warga yang datang membeli tanaman hias maupun tanaman buah itu. Ahmad Zubaidi yang akrab disapa Abah Aan, mengatakan, selain berbagai jenis anggrek, pihaknya juga menyediakan berbagai macam tanaman hias lainnya, seperti pucuk merah, rombusa, palem, mawar, melati, kembang kertas dan jenis bunga lainnya.

Sedangkan untuk jenis buah, Abah Aan mengaku juga memiliki banyak jenis bibit buah-buahan ini, seperti lengkeng, durian, delima, cermai, rambutan, mangga dan lain sebagainya. "Kalau bunga, yang laris jenis anggrek, pucuk merah, rombusa, palem, mawar, melati, dan kembang kertas."

Selain itu, Abah Aan mengaku jika dirinya juga menyiapkan pembibitan baik jenis buah maupun bunga. "Selain ada yang dibeli, berbagai tanaman hias dan buah ini juga kita menyemai sendiri. Kalau beli biasanya di Palangkaraya, ada juga dari Banjarmasin, dan ada juga yang kita datangkan dari Jawa seperti aster, krisan, dan anggrek haibrid."

Dalam mengembangkan usahanya itu, Abah Aan mengaku dibantu dua orang tenaga kerja. "Kita juga menyediakan berbagai pot bunga, dan pupuk." (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru