Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peternak di Desa Kubu dan Sungai Sintuk Pasok 2 Ton Telur ke Pasar Tradisional

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 11 November 2016 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun --  Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai merangkak untuk swasembada telur.  Dengan 50 ribu populasi ayam ras  petelur yang terdapat di Desa Kubu dan Sungai Sintuk Kecamatan Kumai, Kobar masih mampu memasok 2 ton telur perhari ke pasar tradisional di Kotawaringin Barat.

" Saat ini hanya ada dua peternak ayam petelur dengan skala besar yang berada di Desa Kubu dan Sungai Sintuk," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rosehan Pribadi Jumat (11/11/2016).

Dengan melihat kebutuhan akan telur yang tinggi di Kabupaten Kobar, potensi pengembangan ayam petelur masih terbuka luas. Ia menjelaskan saat ini saja setiap minggu puluhan ton telur masih didatangkan dari Pulau Jawa untuk mencukupi kebutuhan domestik.

" Peluang untuk mengembangkan bisnis peternakan ayam petelur masih terbuka karena berapapun stok telur pasti terserap di pasaran. Setiap pekan dua hingga tiga kontainer telur yang masuk melalui pelabuhan Kumai," terang Rosehan.

Ia berharap dengan didukung oleh potensi dan peluang di sektor peternakan ayam petelur maka ia berharap agar banyak peternak yang menggeluti bisnis tersebut, pemerintah daerah akan berusaha mendorong melalui program-program terkait hal itu.

Kendala yang dihadapi oleh peternak adalah persoalan harga pakan ayam. Ke depannya dibutuhkan upaya dan komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan ayam petelur di Kabupaten Kotawaringin Barat. (KK/*)

Berita Terbaru