Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Kobar Wakili Kalteng dalam Pagelaran Budaya Nusantara 2016

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 13 November 2016 - 16:07 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Mahasiswa Kotawaringin Barat yang terhimpun dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Pelajar Kotawaringin Barat (FKMP) Kobar-Malang Raya mewakili Kalimantan Tengah dalam Pagelaran Budaya Forda Nusantara 2016, di Universitas Brawijaya Malang. Pagelaran Budaya Nusantara IV itu, diikuti 38 forum daerah seluruh Indonesia yang sebelumnya telah lolos seleksi berkas oleh panitia Kampung Budaya 2016.

"Kobar menjadi satu-satunya kabupaten di Kalteng yang lolos seleksi dan berhak mewakili Kalteng dalam ajang ini," kata Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Pelajar Malang Raya, Irfan Aulia,  Minggu (13/11/2016).

Dalam Pagelaran Budaya Nusantara 2016 terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang diawali kirab budaya dari 38 forum daerah di nusantara, dengan menampilkan kostum adat masing-masing daerah. FKMP Malang Raya menampilkan stand bazar, fashion show pakaian adat serta penampilan panggung  dengan mengenalkan alat musik Sape, alat musik khas dayak dan dibawakan oleh salah satu mahasiswa Kobar.

"Di stand bazar kita juga menampilkan miniatur rumah adat betang, baju adat kesultanan serta replika tameng dan senjata Mandau, backdrop juga kita ambil sari foto Taman Nasional Tanjung puting (TNTP) serta situs budaya seperti Istana Kuning dan Istana Alnursari," terang Irfan.

Walau merupakan keikutsertaan perdana dalam kegiatan kampung budaya pagelaran budaya nusantara itu namun kegiatan tersebut mempunyai motivasi besar bagi mahasiswa untuk memperkenalkan ciri khas budaya Kobar sebagai identitas daerahnya.

"Budaya merupakan identitas daerah yang harus kita perkenalkan keluar. Kegiatan ini, agenda positif sebagai wahana untuk mempererat tali silaturahim antar forum daerah dan meningkatkan kecintaan terhadap budaya nusantara," imbuh Dewan Penasehat Organisasi (DPO) FKMP Kobar Malang Raya, Zainal Mutaqin. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru