Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mulai 2017 Guru PAUD Swasta di Katingan dapat Insentif

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 November 2016 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Kabar gembira bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Katingan berstatus non-PNS. Pemerintah bakal memberikan insentif bagi para guru PAUD ini mulai 2017. Anggaran insentif bagi guru PAUD non PNS ini sudah ada di tingkat desa masing-masing.

"Guru-guru PAUD yang akan kita berikan insentif mulai tahun 2017 ini khususnya yang statusnya non-PNS. Kalau yang PNS mereka mendapat tunjangan sertifikasi atau nonsertifikasi. Di tingkat desa sudah dibuat anggarannya untuk PAUD. Jadi, saya berharap kepada kepala desa agar disalurkan sesuai peruntukannya, dan jangan dibuat fiktif, tidak ada kegiatannya namun duitnya habis," kata Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie saat memberikan sambutan pada acara pengangkatan dan pengukuhan Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa di Gedung Selawah, Kasongan, Senin (14/11/2016).

Namun yang masih menjadi pemikiran pihaknya adalah insentif bagi guru PAUD di tingkat kelurahan, dan kecamatan. "Untuk itu kita berpesan kepada camat dan lurah agar menganggarkan terkait kegiatan PAUD ini di masing-masing wilayah," katanya.

Bupati Tenglie, jika hanya mengandalkan honor dari yayasan dan iuran anak-anak untuk insentif guru PAUD ini, jumlahnya dinilai sangat kecil. Namun, jika dianggarkan melalui dana desa masing-masing insentif para guru PAUD ini akan bertambah. 

"Tidak hanya PAUD, PKK pun ada kegiatan yang diprogramkan melalui dana desa ini. Saya berharap agar para kepala desa tidak membuat SPJ fiktif, khususnya untuk kegiatan PAUD ini, sebab nanti setelah diperiksa inspektorat jika ditemukan fiktif uangnya juga dikembalikan," pesannya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Tenglie menuturkan, mulai 2017 honor kepala desa juga sudah dinaikkan menjadi Rp3.900.000 termasuk tunjangannya. Pun demikian dengan apartur desa dan juga para ketua RT.

"Kita berharap buda PAUD yang baru dilanbtik betul-betul memahami tentang apa itu PAUD, sehingga nantinya bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Bunda PAUD Katingan, Endang Susilawatie menuturkan jika daerahnya sejauh ini terus berupaya memenuhi satu desa satu PAUD. "Di Kabupaten Katingan ada 161 desa, dan yang sudah ada PAUD-nya sekitar 150-an desa, sementara 11 desa lainnya masih belum ada PAUD, yaitu di dua kecamatan, Bukit Raya dan Kecamatan Katingan Hulu," katanya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru