Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Minta SD Kunjung Kelas Jauh Didefinitifkan

  • Oleh Uriutu
  • 14 November 2016 - 15:17 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Warga Desa Telang Andrau, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan (Barsel), meminta sekolah dasar (SD) Kunjung Kelas Jauh ditingkatkan statusnya menjadi SDN. Jika menjadi definitif sebagai Sekolah Dasar Negeri, diyakini proses belajar mengajar bagi anak didik yang menuntut ilmu di situ semakin terkoordinir seiring kurikulum pelajaran yang telah ditentukan.

'Kami mohon kepada instansi terkait, DPR, Pemerintah maupun DPRD agar SD Kunjung Kelas Jauh yang sudah berlangsung selama 8 tahun ini di desa kami, bisa ditingkatkan menjadi SDN definitif,' kata salah satu warga, Iyut kepada Borneonews, Senin (14/11/2016). 

Hal senada juga diungkapkan, guru honorer yang enggan namanya dikorankan kalau status SD Kunjung Kelas Jauh ditingkatkan menjadi SDN, proses belajar mengajar bisa lebih terarah dan terkoordinir. Begitu juga proses administrasi lainnya sebut dia, tidak perlu harus jauh-jauh datang ke kecamatan atau kabupaten bila tidak terlalu penting. Artinya bisa diselesaikan ditingkat desa.

Terpisah Kadisdikbud Barsel, Raden Sudarto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasikan permintaan warga dan para guru tersebut. Tetapi, lanjut dia, pihaknya tidak bisa langsung mengambil keputusan, karena sebelumnya harus berkoordinasi dengan Dinas di provinsi bahkan ke tingkat pusat.

'Yang pasti permintaan tenaga pengajar di SD Kunjung Kelas Jauh desa Telang Andrau tersebut kita jadikan masukan sebagai bahan evaluasi. Apakah memungkinkan atau belum untuk ditingkatkan jadi SDN definitif,' ucap dia.

Ia meminta, kepada warga dan para tenaga pengajar untuk bersabar, kendati hanya berstatus SD Kunjung, namun proses belajarnya tetap diakui oleh Negara, begitu juga produk kelulusannya, seperti ijazah dan lain-lain. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru