Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabub Sukamara Tinjau Lokasi TPA Simpang Lunci

  • Oleh Norhasanah
  • 14 November 2016 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Wakil Bupati Sukamara, Windu Subagio bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukamara meninjau lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Simpang Lunci. Wabup ingin memastikan sampah tersebut sudah dikelola dengan baik, sehingga hasil dari pengelolaan sampah itu ke depan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

'TPA Kabupaten Sukamara masih menerapkan sistem penimbunan yang diharapkan dapat memberikan dampak baik bagi kita dan masyarakat,' kata Windu Subagio, Senin (14/11).

Menurut Windu proses penimbunan sampah memang masih mengalami kekurangan dalam pengelolaan yakni keterlambatan proses penimbunan di tempat penumpukan akhir, membuat volume sampah menjadi banyak namun kegiatan tetap dilaksanakan sehingga nantinya hasil proses tersebut bisa dimanfaatkan menjadi gas metan.

'Gas hasil dari pengolahan sampah tersebut tentunya bisa kita manfaatkan bersama masyarakat baik untuk memasak maupun untuk keperluan lainnya' tuturnya.

Wabub Sukamara ini berharap dengan adanya beberapa kekurangan tersebut dapat segera dibenahi dan diperbaiki agar penanganan sampah di Kabupaten Sukamara bisa teratasi dengan baik yakni sesuai dengan standar mengingat volume sampah yang ditangani setipa tahunnya semakin bertambah.

Sementara dilokasi yang sama Kepala BLH Sukamara, Iwan Miraza mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan berbagai upaya agar penanganan sampah di Kabupaten Sukamara sesuai dengan standar lingkungan.

'Harapannya ditahun 2017 mendatang pengelolaan sudah mengarah kepada sanitary landfill meskupun gas yang dihasilkan belum keluar,'  ucap Iwan Miraza. 

Iwan menuturkan dalam peroses pembenahan TPA ini tidak hanya dilakukan oleh BLH saja, melainkan bekerjasa dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sukamara, sehingga adanya sinergi agar program yang dilakasanakan bisa selaras dan sejalan dengan fungsi dari TPA itu sendiri.(MG-13/N).

Berita Terbaru