Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 5 Palangka Raya Gelar Kemah Bakti di Bukit Baranahu

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 November 2016 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - SMAN 5 Palangka Raya menggelar Perkemahan Bakti dalam rangka Pelantikan Pramuka Bantara dan Pramuka Penegak Laksana Gugus Depan 227'228 Taruna Tingang Utama SMAN 5 Palangka Raya, Jumat dan Sabtu (11-12/11/2016) di Bukit Baranahu, Tangkiling. Kegiatan yang diikuti 51 peserta ini merupakan salah satu program kerja sekolah dan Ambalan Gudep 227'228 TTU 2016.

Rangkaian upacara penutupan diisi dengan prosesi adat ambalan, penyematan wings kepada Bantara dan Laksana yang baru sekaligus pelantikan dilakukan oleh Pembina Gudep yang bertindak sebagai Pembina Upacara.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin, selaku Majelis Pembina Gugus (Mabigus) saat diwawancarai Borneonews, Senin (14/11/2016) mengatakan, kegiatan ini menjadi tonggak bagi pihaknya untuk melaksanakan dasa darma.

"Pihak sekolah selalu memfasilitasi kegiatan siswa, termasuk Pramuka. Hal yang penting semua kegiatan yang akan dilaksanakan selalu dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan semua unsur yang terkait sehingga ada kerja sama yang saling mendukung," ungkap Arbusin.

Kegiatan perkemahan ini menurutnya diisi dengan berbagai pelatihan seperti long march, lomba teknik kepramukaan, kerapian tenda, kekompakan, dan pentas seni. Selain itu, pendakian bersama serta memecahkan sandi juga dilakukan untuk menambah kepekaan dan ketahanan fisik. Semua kegiatan yang terencana itu diikuti seluruh anggota dengan baik.

"Semua sehat dan gembira. Kami bersyukur tidak ada yang sakit," kata Imanuel Diaz, salah satu anggota Pramuka, siswa kelas XI IPA-1

Hal serupa juga diungkapkan Gea Khezia, siswa kelas XI IPA-4. Menurutnya semua bisa mengikuti kegiatan dengan baik. "Aneka kegiatan dari awal hingga akhir perkemahan semuanya berjalan lancar dan menyenangkan," tuturnya. 

Semoga, nilai pramuka senantiasa bisa dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari para tunas muda ini. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru