Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Polres Gelar Operasi Zebra Mulai Rabu

  • Oleh Parnen
  • 15 November 2016 - 14:07 WIB

BORNEONEWS, Seruyan - Mulai besok, Rabu (16/11/2016), jajaran Polres Seruyan melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) akan melaksanakan razia kendaraan dalam kegiatan Operasi Zebra Telabang 2016. Seperti di wilayah lain di Tanah Air, Operasi Zebra ini akan berlangsung hingga 29 November 2016. Pelaksanaannya tidak akan mengenal waktu di lapangan, dengan sasaran para pengguna kendaraan di jalan raya.

'Razia kami laksanakan tidak mengenal waktu, baik itu digelar pagi, siang, sore ataupun malam hari yang akan lebih difokuskan di wilayah Kota Kuala Pembuang dan sekitarnya. Razia kendaraan ini, bukan untuk menghambat arus aktivitas masyarakat yang menggunakan kendaraan. Melainkan, bertujuan mengembangkan dan menumbuhkembangkan kesadaran pengguna kendaraan agar mematuhi aturan berlalu lintas. Tujuan utama salah satunya, menciptakan kenyamanan bagi pengguna kendaraan dan keselamatan saat di jalan raya,' kata Kapolres Seruyan, AKBP Syahbudin Nasution, Selasa (15/11/2016).

Dalam pelaksanaan operasi zebra tersebut, Polres Seruyan melalui Satlantas akan melaksanakan penertiban razia utamanya pada sejumlah tempat atau kawasan strategis yang biasanya ramai dilintasi oleh para pengguna kendaraan. 

Di samping pelaksanaan razia, dari pihak Satlatas juga dibarengi kembali sosialisasi atau peringatan, terutama bagi pengguna kendaraan yang terjaring razia agar kedepannya dapat mematuhi aturan lalu lintas secara baik dan benar.

'Kita berharap melalui pelaksanaan operasi ini, tingkat kesadaran warga yang memiliki dan menggunakan kendaraan pribadinya dapat lebih meningkat. Sebab dengan semakin meningkatnya kesadaran pengguna jalan, maka ancaman terhadap pelanggaran berlalu lintas seperti munculnya kecelakaan dapat ditiadakan,' ujar Kapolres.

Terpisah, terkait jadwal pelaksanaan operasi zebra yang akan berlangsung selama 14 hari berturut-turut tersebut, membuat sejumlah para orang tua di Kuala Pembuang merasa was-was hingga memberikan pelarangan keras bagi anak mereka yang masih dibawah umur agar tidak mempergunakan kendaraan lantaran takut kendaraan mereka terjaring razia petugas di jalan raya.

'Mengenai razia kendaraan yang dimulai besok, kami dari orang tua sudah memberikan larangan kepada anak yang biasa dipergunakan untuk berangkat sekolah. Jadi mulai besok anak saya yang masih SMA, sudah disuruh untuk menggunakan sepeda saja saat berangkat ke sekolah. Soalnya kalau tetap dibiarkan memakai kendaraan, terus terjaring razia, maka kita selaku orang tua juga yang dibikin repot,' ujar Susanti, salah seorang ibu rumah tangga, warga Jalan Di Ponegoro Kuala Pembuang, menanggapi.

Sementara itu, dalam operasi Zebra Telabang kembali dihimbau kepada masyarakat untuk bisa mentaati aturan dalam berkendara dengan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan surat kendaraan lainnya. Selain itu, diharuskan menggunakan perlengkapan kendaraan sesuai standar seperti helm termasuk menghidupkan lampu kendaraan serta tidak lupa menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat. (PARNEN/N).

Berita Terbaru