Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Reog Ponorogo dan Tarian Dayak Hibur Peserta Apel

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 November 2016 - 14:18 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Reog Ponorogo dari Paguyuban Kereng Pangi dan tarian Dayak, menghibur peserta Apel Kebhinekaan Cinta Damai di halaman Kantor Bupati Katingan, di Kasongan, Selasa (15/11/2016). Acara itu juga diramaikan penampilan seni bela diri dari beberapa perguruan pencak silat di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Penampilan tarian dan seni bela diri dari berbagai suku di Indonesia ini membuat Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie dan Kapolres Katingan, AKBP Tato Pamungkas serta undangan lainnya terpingkal, terlebih saat menyaksikan atraksi reog yang di antara pemainnya kesurupan.

Pada kegiatan ini, Bupati Ahmad Yantenglie menjadi inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Kapolda Kalteng, Brigjend Pol Fakhrizal.

Usai apel, kepada wartawan Bupati Tenglie menuturkan, apel kebangsaan ini dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan sesuai petunjuk Presiden Joko Widodo.

"Seluruh Indonesia secara serentak melakukan apel dalam rangka mengingatkan kembali bahwa Indonesia memang kebhinekaannya menjadi ciri khas selaku bangsa," sebut Bupati Tenglie.

Menurutnya Indonesia terbentuk bukan dari sebuah kesamaan suku, bahasa, dan budaya. Akan tetapi bangsa Indonesia terbentuk dari berbagai perbedaan suku, agama, maupun budaya.

"Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan bisa menjadi bangsa. Inilah keunikan Indonesia dibanding negara-negara di belahan bumi ini, itu keunikan kita," katanya.

Menurutnya, kebhinekaan itu bukan menjadi sumber perpecahan, tapi menjadi sumber persatuan didalam berbangsa dan bernegara. "Kalau kita tidak berbeda, bukan Indonesia namanya," tuturnya.

Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas Suyono mengatakan dengan adanya apel kebhinekaan cinta damai ini untuk mengingatkan kembali dalam perbedaan baik suku, agama dan lainnya, namun tetap satu sebagai bangsa Indonesia dan juga sebagai warga Kabupaten Katingan,

"Alhamdulillah situasi Kamtibmas di wilayah kita ini cukup kondusif antara pemerintah, aparat keamanan dan masyarakat bersatu sehingga tercipta suasana kondusif itu," katanya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru