Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Pastikan Kondisi Lamandau Kondusif

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 November 2016 - 08:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Adanya aksi teror seperti halnya yang terjadi di kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), maupun yang terjadi di kabupaten Singkawang Kalimantan Barat (Kalbar) dalam jeda waktu yang berdekatan setidaknya cukup membuat semua pihak bertanya-tanya tentang kondisi keamanan di berbagai daerah saat ini.

Kondisi inipun sontak menjadi isu nasional, terlebih akibat aksi teror khususnya yang terjadi di depan Gereja Oikumene, Samarinda beberapa hari lalu telah menimbulkan korban jiwa dan korban luka.

Menyikapi kondisi ini, Kapolres Lamandau AKBP Johanes Pangihutan Siboro, memastikan bahwa pihak Polres Lamandau langsung bergerak cepat untuk mengambil inisiatif dalam meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan di wilayah hukumya Polres Lamandau.

"Pasca adanya peristiwa teror di beberapa daerah ini (khususnya Samarinda dan Singkawang) Polres Lamandau secara inisiatif langkah peningkatan pengamanan, meskipun kita tegaskan bahwa hingga saat ini belum ada peningkatan level siaga pengamanan," tegasnya.

Untuk di Lamandau, sebutnya, yang kita tingkatkan khususnya adalah dalam meningkatan pengawasan dan kewaspadaan di semua lini, utamanya di tempat peribadatan serta di ruang-ruang publik," bebernya Selasa (15/11/2016) siang.

Ia juga tidak memungkiri jika Lamandau merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kalbar, tempat salah satu kejadian aksi teror yang terjadi di vihara.

Namun begitu, Kapolres berharap agar semua pihak di kabupaten Lamandau tetap bersatupadu dan kompak menjaga ketentraman yang selama ini telah terjaga dengan baik.

Ia juga menyebutkan, selain peningkatan pengamanan dan kewaspadaan, aparat kepolisian juga terus melakukan langkah-langkan preventif termasuk berkoordinasi intensif dengan sejumlah pemangku kepentingan, baik Pemkab, pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas-ormas keagamaan, dan sejumlah pihak lainnya.

Termasuk titik beratnya adalah melakukan pengamanan dan pengawasan di sejumlah tempat ibadah, khususnya saat ada aktivitas peribadatan.

"Sejauh ini, kepolisian Lamandau juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait baik Pemkab, TNI, FKUB dan ormas-ormas keagamaan yang ada. Semangatnya satu, menjaga suasana kondusif yang lama terbina di Lamandau," katanya.

Selain itu, sambungnya, polisi juga telah membentuk tim monitoring untuk terus melakukan patroli disetiap waktu, siang maupun malam. Karenanya, masyarakat diminta tidak panik dan merasa. Seraya diharapkan pula untuk tetap waspada dan memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika melihat adanya tindak-tanduk yang mencurigakan di tengah masyarakat, tandasnya. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru