Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Tumbuhkan Semangat Gawi Barinjam dalam diri Masyarakat Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 16 November 2016 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Pemerintah Kabupaten Sukamara menumbuhkan semangat Gawi Barinjam dalam diri masyarakat melalui apel Kebhinekaan Cinta Damai yang digelar di halaman kantor Bupati Sukamara, Selasa (15/11/2016). Tujuannya, menolak radikalisme, terorisme dan bahaya narkoba yang dapat memecah dan mengancam kesatuan bangsa.

"Semangat Gawi Barinjam yang mempunyai arti bekerja bersama-sama untuk tujuan mulia merupakan harapan bersama dalam mencegah hal-hal yang dapat menghancurkan Kebhinekaan di Sukamara. Jika bekerjasama dengan tujuan mulia pastilah terjadi suatu kerukunan dan kekompakan. Tidak mungkin jalinan yang baik itu menyebabkan rusaknya kerukunan dan kekompakan,' kata Wakil Bupati Sukamara, Windu Subagio kepada pers, usai Apel Kebhinekaan Cinta Damai.

Menurut Windu masyarakat Sukamara memiliki jiwa dan  semangat kebersamaan yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan individu dan golongan. Sehingga melalui semboyan Gawi Barinjam terus tingkatkan rasa solidaritas dalam berbangsa dan bernegara guna mewujudkan persatuan dan kesatuan Nasional. 

'Mari terus tumbuhkan semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita bangsa ini karena kita sebagai generasi penerus, sudah selayaknya mempertahankan  kebersamaan  ini   demi keutuhan bangsa Indonesia yang kita cintai.   Jika hal ini dapat terus dipelihara, saya  yakin dan percaya masyarakat Kabupaten Sukamara akan dapat senantiasa hidup rukun, damai, aman dan tentram serta berdampingan diatas  semua perbedaan' tutur Wabub Sukamara.

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas serta kaya akan suku, agama, adat dan budaya, sehingga keberagaman ini merupakan sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya. Sehingga dalam kesempatan itu dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sukamara untuk terus menjaga dan mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang kuat sesuai dengan semboyan negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda 'beda namun tetap satu jua.

'Maka dari itu Indonesia adalah sebuah rumah bagi semua anak bangsa dan setiap orang selayaknya apapun latar belakang keyakinan, budaya dan sukunya haruslah mendapat jaminan yang sama di negara kesatuan Republik Indonesia,' tegas Windu.

Apel yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB tersebut diikuti ratusan peserta upacara yang terdiri dari PNS, TNI dan Polri, Pelajar dan unsur komunitas serta unsur elemen masyarakat dari berbagai etnis dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dilingkungan pemerintah Kabupaten Sukamara. Selain itu kegiatan apel Kebhinekaan Cinta Damai dimeriahkan dengan menari japin bersama. (MG-13/N).

Berita Terbaru