Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Barat Apel Kebangsaan Perkokoh Persatuan

  • 16 November 2016 - 12:14 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)  menggelar apel kebangsaan dan Kesiapan Kontijensi di halaman Markas Polres Kobar, Selasa (15/11/2016). Apel ini salah satu upaya dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila, UUD RI Tahun 1945, Negara Kesatuan RI (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Apel ini sangat strategis untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan sinergitas di tengah masyarakat demi mendorong pembangunan di Kabupaten Kobar," ujar Plt Bupati Kobar, Nurul Edy saat menyampaikan amanat.

Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kobar, lanjut dia, bercorak heterogenitas yang kompleks dengan potensi disintegrasi yang tinggi, mengharuskan setiap langkah diarahkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan serta memperkokoh komitmen kebangsaan.

Dengan demikian, komitmen kebangsaan pada hakekatnya adalah usaha untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan, sebagai suatu bangsa yang bersatu dan berdaulat dalam wilayah Negara Kesatuan Indonesia.

Nurul Edy menyebutkan, Kobar merupakan potret kecil miniatur masyarakat Indonesia yang multikultural. Hampir semua suku, agama, ras dan adat budaya dapat ditemukan di Bumi Marunting Batu Aji.

Jika ditelisik lebih dalam, Kabupaten Kobar memiliki berbagai potensi konflik mulai dari sengketa tanah, sumber daya alam, politik lokal, SARA dan lainnya dapat mengancam stabilitas wilayah. 

"Untuk itulah kita semestinya menyatukan gerak dan langkah sinergis menjaga tetap terciptanya situasi yang harmoni, aman dan kondusif," tandasnya.

Apel kebangsaan yang digelar itu merupakan instruksi langsung Presiden RI Joko Widodo dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Usai apel, tokoh dan lintas instasi menandatangani komitmen kebangsaan. (FAHRUDDIN FITRIYA/N). 

Berita Terbaru