Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jejak Pesta Zenith di Pantai Ujung Pandaran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 November 2016 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pantai Ujung Pandaran, di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, salah satu tempat wisata favorit, meninggalkan jejak pesta obat terlarang, Zenith. Di pantai yang menyajikan panorama indah itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalimantan Tengah, Kombes Pol Sumirat menemukan puluhan bungkus obat daftar G, atau obat keras.

'Waktu itu kita ada di Sampit untuk menghadiri acara pernikahan. Sebelumnya melakukan giat di Seruyan. Kemudian ketika refresing ke Ujung Pandaran, kami temukan puluhan bungkus carnopen (zenith),' kata Kombes Sumirat kepada wartawan di kantor BNN Kalteng, Palangka Raya, Selasa (15/11/2016).

Tidak hanya Ujung Pandaran, mereka juga menemukan puluhan obat sirup jenis komix dan carnopen di Pantai Sei Bakau. Diduga, komix tersebut disalahgunakan sehingga bisa mengakibatkan penggunanya tidak sadarkan diri.

'Sebenarnya, selain refresing, tujuan kita mencari sampah. Sehingga kita tahu seberapa besar peredaran di daerah itu dan zat-zat yang digunakan itu apa. Kemudian barulah kita lakukan langkah-langkah selanjutnya,' bebernya.

Menurut Sumirat, temuan tersebut mengindikasikan bahwa peredaran obat daftar G di daerah Kotim masih marak. 'Apalagi, pertumbuhan ekonomi disana luar biasa. Juga dekat dengan luat, ada pula pelabuhannya. Bahkan menurut masyarakat setempat, mereka warga Banjarmasin bisa membawa (obat-obatan terlarang) lewat kapal. Ini lebih dekat dari pada darat. Oleh sebab itu, kita juga akan melakukan pendalaman terkait ini,' tuturnya. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru