Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Tingkatkan Pembangunan Melalui Gempur Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 16 November 2016 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) terus meningkatkan pembangunan desa melalui Program Gempur Desa, yang sudah dilaksanakan sejak 2012, agar pembangunan merata hingga keseluruh desa. Gempur Desa, satu program Pemkab untuk memeratakan pembangunan agar seluruh masyarakat Sukamara bisa merasakan hasil pembangunan.

'Dalam membangun desa memang memerlukan jumlah porsi anggaran lebih besar dibanding membangun daerah perkotaan, apalagi di Kabupaten Sukamara memiliki 32 desa yang harus mendapatkan perhatian pemerintah,' kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Rabu (16/11/2016).

Dirman menjelaskan Program Gempur Desa adalah program yang dijalankan sejak tahun 2012 yang hingga saat ini masih terus dijalankan. Ini sesuai visi misi pemerintah untuk terus melakukan pembangunan hingga menjangkau wilayah pelosok yang saat ini masih sulit dijangkau.

'Gempur desa bukan berarti menghanguskan desa itu, melainkan menggempur pembangunannya agar semakin maju dan masyarakatnyapun semakin sejahtera' terang bupati dua periode tersebut.

Dia menuturkan, program yang sudah berjalan hampir lima tahun tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukamara, selain itu dirinya juga mengingatkan kepada seluruh pemerintah desa untuk ikut bersama-sama mendukung program tersebut agar bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan semua pihak.

'Dalam pembangunan itu pemerintah desa juga harus membangun sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat desa tersebut, jangan membangun diluar dari apa yang diharapkan oleh masyarakat sekitar, mengingat pembangunan itu dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat' tegas Dirman.

Sementara Kepala Bappeda Sukamara, Wariyanto mengatakan Program Gempur Desa merupakan salah satu program pendukung dari Program Mamangun Tuntang Mahaga Lewu (PM2L) yang semua desa sudah pernah melaksanakannya. 

'Program PM2L saat sudah tidak diterapkan lagi karena standar kriteria yang ditentukan sudah dilampau oleh desa-desa yang ada di Kabupaten Sukamara, sehingga untuk melanjutkan program pembangunan dilakukan melalui program pemerintah daerah' tutur Wariyanto. (MG-13)

Berita Terbaru