Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka SMAN 1 Dusun Selatan Jelajah Arung Barito

  • Oleh Uriutu
  • 17 November 2016 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pramuka Gugus Depan 015-016 Sekolah Menangah Atas Negeri (Gudep SMAN 1) Dusun Selatan mengikuti Jelajah Arung Sungai Barito. Mereka menggelar kemah gabungan di pinggiran DAS Barito selama tiga hari. Khusus hari terakhir dilakukan kegiatan yang cukup menantang, yaitu  Arung Sungai Barito. Kegiatan kemah gabungan dan Arung Barito bertemakan 'The Spirit of Heroes part II', diselenggarakan 15-17 November 2016, di Desa Kalahien dan diselingi bhakti sosial.

"Kegiatan kepramukaan dan kesamaptaan di SMAN Dusun Selatan digelar semata-mata untuk lebih meningkatkan kecintaan para peserta didik terutama anggota Pramuka terhadap NKRI. Di antaranya mencontoh semangat para pahlawan kita yang gagah berani ketika merebut kemerdekaan, dan kita aplikasikan dalam kegiatan Arung Barito,' kata Kepala SMAN-1 Dusun Selatan, Heri Purwanto kepada Borneonews, di Buntok, Kamis (17/11/2016). 

Mengingat kemungkinan adanya risiko dalam kegiatan Arung Barito, para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut masih seputaran Gudep 015-016 dan belum melibatkan masyarakat luas. Tapi, kata Heri, ke depan, semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda Pramuka di Barsel. "Tentunya dengan tingkat keamanan yang lebih baik lagi, karena untuk saat ini kita masih kesulitan juga mendapatkan pelampung keamanannya.'

Seorang pembina Pramuka SMAN-1, Sri Maya berharap, para peserta mempunyai kebanggaan sebagai seorang anggota Pramuka dan juga memiliki kecintaan terhadap kegiatan-kegiatan Pramuka. Di samping itu pula, melalui kegiatan kepramukaan hendaknya anggota Pramuka mempunyai inisiatif, ide kreativitas dan dapat berpikir secara kritis. 

'Arung Barito ini dimulai dari desa Kalahien. Bersama anggota Pramuka itulah kita menyusuri sungai sampai ke Kota Buntok yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer,' ucap dia. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru