Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Maksimalkan Potensi 513 Kilometer Perairan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 November 2016 - 17:57 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya terus memaksimalkan potensi perairannya. Meski tak seluas kawasan kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Tengah, namun Kota Cantik itu, memiliki 59 buah sungai dan 104 buah danau dengan total luas perairan 513,10 kilometer kuadrat.

"Kita optimalkan seluruh potensi alam yang kita miliki. Misalnya Danau Hanjalutung di Petuk Katimpun yang ternyata dilirik para ahli dan sekarang sedang dijalankan pemanfaatannya sebagai Laboratorium Alam," ungkap Mofit Saptono Subagio, Wakil Wali Kota Palangka Raya, Kamis (17/11/2016).

Dalam wilayah Palangka Raya tersebar danau-danau pada beberapa kecamatan. Pada Kecamatan Bukit Batu terdapat 45 buah danau, Kecamatan Rakumpit ada 42 buah danau, Kecamatan Sabangau 10 buah, Kecamatan Pahandut 4 buah, dan Kecamatan Jekan Raya 3 buah.

"Masing-masing danau ini memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Namun secara umum danau-danau di Kota Palangka Raya merupakan danau oxbow," tambah Wakil Wali Kota.

Oxbow Lake atau Danau Tapal Kuda menurut Mofit merupakan danau berbentuk melengkung yang di Palangka Raya  secara hidrologis sumber airnya atau suplai airnya berasal dari sungai utama yaitu Sungai Kahayan dan Sungai Rungan.

"Karenanya ketika kita ingin menjaga danau-danau dengan segala ekosistemnya, mulai dari tumbuhan hingga aneka ikannya, sungai yang harus lebih dulu kita amankan. Makanya saya mengajak masyarakat bersama-sama Pemko menjaga kualitas air sungai kita. Jangan membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan meluapnya air saat musim hujan seperti ini dan banjir pun naik," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru