Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lendang FC Akhirnya Juara Meski Gugup di Awal Laga

  • Oleh agung setiawan
  • 18 November 2016 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pertandingan puncak Bupati Kobar Cup XII dimenangkan oleh Lendang FC. Kesebelasan dari Desa Sungai Tendang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, ini mengandaskan perlawan sengit dari kesebelasan dari Desa Dawak, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat, Titipan FC, dengan skor 2-1.

Di partai final yang diadakan pada Kamis (17/11/2016) di Stadion Sampuraga, Pangkalan Bun, Lendang FC sempat mengalami kesulitan mengembangkan permainan di menit-menit awal babak pertama.

Titipan FC tampil menekan di babak pertama. Striker tajam mereka bernomor punggung 46, Nur Akbar Jawara, selalu mampu menembus pertahanan Lendang FC. Hal ini membuat pelatih Lendang FC, Setro, menginstruksikan dua pemain, yakni Saerozi dan Ade Timy Yulius, untuk melakukan intersep pada Jawara.

Serangan Titipan FC dimulai dari lini tengah. Jenderal Lapangan Tengah Titipan FC, Andika Ariwibowo--yang juga sebagai kapten-- diplot sebagai pengatur serangan. Dibantu oleh Gilang Didik Permadi dan Manungkar, Andika sering memberi umpan kepada Jawara atau Moniega Bagus, yang membuat Lendang FC berada di bawah tekanan.

Meski di bawah tekanan, Lendang FC masih mampu mengunci Jawara dan Moniega, sehingga serangan TItipan FC masih belum membuahkan gol. Di tengah kesulitan itu, Manungkar mencoba tendangan-tendangan jarak jauh ke arah gawang Lendang FC, tapi masih gagal.

Kebuntuan Titipan FC datang di menit ke-29, bersamaan dengan yang gerimis mulai turun di tengah lapangan Sampuraga. Gol bagi Titipan berasal dari lengahnya beberapa bek Lendang, Jawara melepaskan tendangan keras ke sudut kanan gawang Lendang FC, yang dijaga oleh Rizky Saputra. Skor berubah 1-0.

Pasca gol itu, Setro menarik keluar Al Hafis, pemain tengah Lendang FC, digantikan dengan Indra Fahroci, berposisi striker. Setro tentu ingin pemain-pemainnya keluar dari tekanan dan mengejar ketertinggalan.

Kapten tim Lendang FC, Saerozi, sempat terkena kartu kuning saat menjatuhkan striker Titipan, Jawara.

Di awal babak kedua, Setro kembali mengganti pemainnya. Sondang Kuncoro, gelandang Lendang, masuk menggantikan Hendra Saputra, berposisi bek. Formasi berubah jadi 3-4-3. Lendang benar-benar ingin menyamakan kedudukan. Di menit ke-56, Ence Syahruddin yang kelihatan lelah diganti oleh Sang SuperSub, Radekson.

Terbukti kini Lendang FC mendominasi permainan. Di menit ke-65, gol Lendang diciptakan oleh Heri Sugiantoro berkat kemelut setelah sepak pojok. Tendangan kaki kirinya menggetarkan jala gawang dan membuat pendukung mereka bersorak-sorai. Skor menjadi sama 1-1.

Kini tekanan berpindah kepada pemain Titipan FC. Di menit ke-75, Heri dijatuhkan oleh bek tengah Titipan, Gupi Sunandi. Radekson mengambil tendangan bebas. Tendangannya melengkung melewati pagar betis pemain Titipan, dan masuk ke gawang. Lendang kini memimpin 2-1.

Skor tidak berubah sampai wasit meniup peluit panjang. Lendang FC berhak menjadi juara di Bupati Kobar Cup XII untuk pertama kalinya.

Usai pertandingan, panitia Turnamen Bupati Kobar Cup XII mengumumkan penganugerahan pemberian hadiah kepada tim-tim yang juara, tim fair play, pencetak gol terbanyak, dan pemain terbaik.

Lendang FC sebagai juara pertama berhak atas trofi bergilir dan uang tunai 30 juta rupiah. Sementara runner-up, Titipan FC, mendapatkan Rp20 juta. Persepan Pasir Panjang memperoleh Rp15 juta, dan juara keempat Hanau FC, mendapatkan Rp10 juta. Sementara tim paling fair play adalah Hang Tuah FC.

Ada pun pencetak gol terbanyak di turnamen ini dengan tujuh gol, dicatatkan oleh Anja, striker Persepan Pasir Panjang. Ia berhak membawa pulang Rp2 juta. Sementara itu, pemain terbaik jatuh kepada Saerozi, Kapten tim Lendang FC. Ia pun berhak atas uang Rp2 juta. (AGUNG SETIAWAN/m)

Berita Terbaru