Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantan Pengusaha Rotan Katingan Lirik Kayu Limbah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 November 2016 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Mantan pengusaha rotan di Kabupaten Katingan tampaknya tergiur dengan bisnis kayu limbah yang dinilai memiliki prospek bagus ketimbang komoditi rotan.

Mantan Ketua Lembaga Kolaborasi Rotan Kabupaten Katingan, Gatin Rangkai kepada Borneonews di Kasongan, Jumat (18/11/2016) mengatakan, bisnis rotan sejak lima tahun terakhir mengalami kelesuan. Bahkan harga rotan ditingkat petani dihargai pengumpul sangat murah, bahkan rotan sudah hampir tidak dilirik lagi oleh pengusaha.

Hal inilah yang melatarbelakangi Gatin Rangkai yang juga tokoh masyarakat Katingan ini untuk berhenti berbisnis rotan itu sejak lima bulan yang lalu.

"Sekarang kita mulai menjajaki bisnis kayu limbah dari perusahaan-perusahaan HPH (hak pengusahaan hutan) yang ada di wilayah Katingan ini, sebab kayu limbah mempunyai prospek sangat bagus," sebut Gatin Rangkai Gatin Rangkai yang mantan Sekda Katingan ini

Bahkan Gatin mengaku jika dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, remcananya ia bersama Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM Katingan, Saptul Anwar bakal menemui pengusaha kayu yang ada di Pulau Jawa untuk mencari peluang terkait pengembangan bisnis kayu limbah ini, terutama dengan pengusaha furniture.

"Kayu limbah itu bisa digunakan berbagai macam, misalnya untuk furniture. Misalnya sebagai kaki-kaki kursi dan meja, atau bentuk kerajinan lainnya berbahan baku kayu," sebut Gatin Tangkai.

Menurutnya, hampir semua jenis kayu limbah di daerahnya bisa dijadikan prospek bisnis tersebut. 

"Kenapa saya melirik bisnis kayu limbah ini, sebab di daerah kita pertama masih banyak HPH yang beroperasi, sehngga kayu limbah yang akan dihasilkan pun juga banyak. Sementara prospek bisnis kerajinan kayu ini juga semakin digemari, terutama warga luar negeri," katanya. (ABDUL GOFUR/m)


TAGS:

Berita Terbaru