Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Gelar Sosialisasi Pemilu di SMKN 1 Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 19 November 2016 - 12:27 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukamara menggelar sosialisasi di SMKN 1 Sukamara, untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu. Sesuai instruksi KPU Pusat, dilakukan dengan menggelar pertemuan dengan para pelajar di Kabupaten Sukamara. Kegiatan sosialisasi ini masih dipusatkan untuk kalangan pelajar di Kota Sukamara. Selain di SMAN 1 Sukamara, juga Madrasah Aliyah dan SMKN 1. 

"Dalam sosialisasi 3 program kita sampaikan. Yang pertama kegiatan sosialisasi adalah mengenai jadwal pelasanaan Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak, Pilkada 2017 dan Pilkada 2018 nanti Kabupaten Sukamara juga melaksanakan pemilihan," kata Ketua KPU Sukamara, M Saleh, Jumat (18/11/2016).

Dalam sosialiasi yang diikuti 480 siswa tersebu, Saleh juga memberikan penjelasan mengenai hak memilih oleh masyarakat yang tidak menadapatkan surat undangan di TPS yang sebelumnya masih boleh memilih dengan menggunakan KTP, KK, Paspor dan surat keterangan dari kepala desa. 

'Namun peraturan kali ini pemilih hanya dibolehkan memilih dengan membawa KTP Elektronik dan Surat keterangan dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.' Jelasnya.

Saleh berharap dengan adanya sosialiasi tersebut dapat memanamkan rasa demokrasi pada setiap pelajar, sehingga terciptanya pemuda yang selalu bisa melaksanakan demokasi dari tingkat sekolah seperti saat pemilihan ketua kelas atau ketua OSIS.

'Ketika mereka jadi alumni atau saat mereka terjun ke dunia politik mereka sudah bisa memahaminya,' harap M Saleh. (MG-13/N).

Berita Terbaru