Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cuma Satu Room Studio Karaoke Ludes Terbakar

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 November 2016 - 14:17 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Olah tempat kejadian perkara (TKP) di lantai II, menunjukkan cuma satu dari 13 room Studio Karaoke, di Jalan Garuda atau Jalan Tjilik Riwut Km 3 Palangka Raya yang ludes terbakar. Kesimpulan lainnya juga api bersumber dari korsleting pada bagian box listrik. Kemudian menjalar ke kabel-kabel lainnya termasuk titik-titik pemasangan gasbul atau peredam suara.

'Satu room saja yang habis. Jadi sumbernya dari korsleting pada bagian box listrik,' kata Kasat Reskrim Polres Palangka Raya, AKP Erwin T H Situmorang kepada wartawan, Minggu (20/11/2016).

Manajer Studio Karaoke, Andi mengamini keterangan pihak kepolisian tersebut. Karena itu, dia memperkirakan, kerugian atas musibah tersebut tidak sampai ratusan juta rupiah. 'Kira-kira pulutan juta rupiah saja.'

Meski demikian, kebakaran di studio yang baru saja selesai direhab itu cukup menegangkan. Api memang tidak terlihat berkobar. Namun kepulan asap tebal mengandung gas beracun berkeluaran. Bahkan baru bisa dipastikan padam, pukul 17.00 WIB, sejak titik awal kemunculan api pada pukul 10.50 WIB, Jumat (18/11/2016).

Selama kurun waktu itu, ada lima petugas pemadam kebakaran yang terpapar asap. Mereka bahkan nyaris tewas. Beruntung, dengan cepat semuanya mendapatkan pertolongan. Mereka adalah Ariston Bangun, Akhmad Baihaki, Frans Firdaus dan Abdul Wahid, yang semuanya anggota Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya. Satu sisanya yakni Panud, anggota BPK Arjuna.

Menurut Andi, mengetahui adanya kebakaran setelah menerima telepon dari karyawannya, Lovis. Saat itu, ada tujuh dari total 19 karyawan.Padahal, sekitar 10 menit lagi, Studio Karaoke akan buka yakni sekitar pukul 11.00 WIB.

Dia bersama karyawannya mencoba memadamkan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) tapi tidak membuahkan hasil. Justru asap terus mengepul hingga terpaksa mereka menunggu petugas pemadam kebakaran tiba. Namun petugas juga kesulitan untuk menembus asap tersebut.

'Memadamkan kebakaran lebih mudah ada apinya dari pada cuma asap tebal seperti ini,' ucap anggota Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya, Sulaiman. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru