Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nurdin Dijemput Tim RSJ Banjarmasin Setelah 10 Tahun Dipasung

  • Oleh James Donny
  • 20 November 2016 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sudah 10 tahun Nurdin (31) dipasung, setelah diduga mengidap gangguan jiwa dan sering mengamuk serta mengganggu warga sekitar.  Warga Desa Tanjung Perawan, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah itu, akhirnya dijemput tim RSJ Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, didampinggi petugas dinas sosial, aparat kecamatan dan Polsek setempat, Jumat (18/11/2016). 

"Akhirnya Nurdin mendapatkan perawatan yang cukup layak untuk penyembuhan penyakitnya, " kata Tenaga Kesejahteraan Sukarela Kecamatan (TKSK) Kecamatan Kahayan Kuala, Bidin mensyukuri adanya penjemputan tersebut melalui shot messege sarvice (SMS) Minggu (20/11/2016).

Bidin mengatakan Nudin terpaksa dipasung keluarganya karena sering mengamuk dan mengganggu warga sekitar bahkan kalau dibiarkan kata Bidin, Nurdin bisa mencuri serta  mengambil barang milik orang lain. Nurdin akhirnya di pasung di dalam pondok yang tak jauh dari kediaman orang tuanya. Dalam pemasungan tersebut, Nurdin sesekali dilepas agar bisa menghirup udara segar dan tak lama kemudian di pasung kembali, agar tidak membahayakan keselamatan orang, oleh keluarganya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau, Satria During melalui Kabid Jaminan Kesejahteraan Sosial, Etty Wati mengatakan, bahwa merasa lega karena tugas untuk mengevakuasi warga yang menderita gangguan jiwa dan hidup dalam pasungan tersebut sudah selesai dilakukan. 

'Pemenuhan kelengkapan data-data adminitrasi kependudukan milik Nurdin sedikit agak telambat, kita juga harus mengurus kartu BPJSnya dan data lainnya yang harus dilengkapi untuk syarat-syarat perawatan di RSJ Sambang Lihunm,' katanya. Dia bersyukur karena bisa bekerja sesuai dengan rencana, dan proses evakuasi Nurdin berjalan dengan lancar dan aman. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang yang telah membatu proses evakuasi tersebut. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru