Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tujuh Ribu Bibit Tanjung Disiapkan untuk Rombak Penghijauan Jalan Protokol

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 November 2016 - 21:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Penghijauan di sepanjang jalan protokol di Kota Nanga Bulik dan sekitarnya, bukan hanya wacana Bupati Lamandau, Marukan. Faktanya, dinas terkait telah menyiapkan ribuan pohon tanjung sebagai pengganti pohon-pohon yang saat ini menghiasi kanan-kiri jalan protokol.

"Bibitnya sudah kita siapkan, ada tujuh ribu bibit pohon tanjung yang sudah siap tanam, telah kita siapkan," ungkap Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lamandau, H. Masrun, saat dikonfirmasi Borneonews, di Nanga Bulik, Minggu (20/11/2016).

Seperti diketahui, keberadaan pepohonan di sisi kanan dan kiri jalan protokol, selain memiliki fungsi untuk menghiasi wajah kota juga sebagai salahsatu sarana agar jalan protokol tetap rindang dan udaranya segar. Akan tetapi, selama ini jenis tanaman atau pohon yang ditanam ternyata banyak yang dinilai kurang tepat. Akar-akarnya justru besar, merambah dan merusak aspal jalan.

"Karenanya, pohon-pohon yang ada akan dicabut dan diganti dengan pohon tanjung yang akarnya relatif kecil dan yang pasti tidak akan merusak sekalipun di tanam pada media plankson," kata Kepala Dishutbun Lamandau, H. Masrun.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya telah melakukan penyemaian bibit pohon tanjung yang nantinya akan ditanam pada awal tahun depan melalui dinas terkait yaitu Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dalam hal ini bidang tata ruang, dimana usia bibitnya adalah sekitar 8 bulan.

"Bibit yang sudah kita siapkan berusia antara 6 sampai 8 bulan, pohon tanjung yang nantinya ditanam akan langsung bisa hidup," jelasnya.

Sementara, pantauan Borneonews dalam beberapa hari terakhir, pepohonan di sejumlah jalan protokol seperti jalan batu batanggui dan jalan Sudiro sudah mulai dilakukan pencabutan oleh pihak terkait. Dimana pencabutan juga diproyeksikan akan selesai di akhir tahun ini. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru