Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RAPBD Gunung Mas 2017 Telah Selesai Dibahas

  • 21 November 2016 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Rancangan APBD Gunung Mas 2017 telah selesai Dibahas. DPRD Gunung Mas bersama tim anggaran dari eksekutif, telah membahas rancangan pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Gunung Mas 2017. Namun, demikian hasil pembahasan itu harus dikonsultasikan dengan Gubernur Kalimantan Tengah, setelah itu disahkan menjadi APBD oleh DPRD Gumas.

Sekretaris DPRD Gunung Mas, Yulianus H Umar menyampaikan, pembahasan RAPBD 2017 telah dilakukan, 8-18 November 2016. Dalam pembahasan RAPBD dilakukan secara marathon dan bergiliran, mengingat di kabupaten Gunung Mas cukup banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

'Dalam satu hari pembahasan dilakukan dengan 3 atau 4 SKPD. Sementara dihari terakhir pembahasan dengan kecamatan,' ujar Yulianus ketika dibincangi wartawan di kantor DPRD Gunung Mas, Senin (21/11/2016) siang.

Dia menyampaikan, dalam pembahasan RAPBD 2017 berjalan dengan tertib dan lancar. Meski pun pembahasan cukup alot dan ada perdebatan antara anggota DPRD dengan tim anggaran eksekutif. Namun, semua dapat diselesaikan dengan baik, mengingat semua perdebatan untuk kepentingan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Gumas. 'Setelah selesai pembahasan RAPBD akan dikonsultasikan dengan Bapak Gubernur Kalimantan Tengah,' terang dia.

Yulianus mengatakan, belum bisa memastikan waktu konsultasi dan penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD Gumas 2017. Namun yang pasti, sebelum 2016 berakhir, APBD 2017 disahkan. Dengan demikian, program dan kegiatan pada 2017 bisa dilaksanakan sejak awal tahun. 'Terkait jadwal rapat paripurna pengesahan APBD 2017, itu menunggu hasil rapat Banmus (Badan Musyawarah) DPRD Gunung Mas.'

Sebelumnya, ketua DPRD Gunung Mas, Gumer menyatakan, dalam pembahasan RAPBD kalangan anggota DPRD sangat selektif. Bila ada program yang dinilai kurang bermanfaat untuk masyarakat, DPRD tak segan-segan melakukan pemotongan. Namun demikian, lanjut politisi PDIP itu, secara keseluruhan RAPBD 2017, cukup rasional. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru