Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Kaji Banding PATEN ke Daerah Tetangga

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 November 2016 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik -  Pemerintah Kabupaten Lamandau beserta perwakilan dari delapan kecamatan melaksanakan kaji banding ke sejumlah kecamatan di kabupaten tetangga, Senin (21/11/2016). Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman aparatur pemerintah kecamatan dalam pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) di Lamandau.

"Untuk hari ini, Senin (21/11/2016), kita melakukan kaji banding di kantor Camat Selat, Kabupaten Kapuas," kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Lamandau, Triadi, saat dikonfirmasi, Borneonews melalui sambungan telepon.

Kemudian, lanjut dia, 22 November rombongan diagendakan melaksanakan kaji banding Paten di kantor Camat Kahayan hilir, Kabupaten Pulang Pisau. Sementara itu, 23 November di kantor Camat Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur dan terakhir 24 November di kantor Camat Arut Selatan, Kotawaringin Barat.

Triadi membeberkan, bahan kaji banding di antaranya adalah aplikasi Paten yang digunakan untuk pelayanan, Perbup tentang pelimpahan kewenangan Bupati kepada camat dan jenis pelayanan yang dilaksanakan oleh Paten.

Selain itu, imbuh dia lagi, tentang standar Paten seperti SOP, waktu dan biaya pelayanan, mekanisme pelayanan, ruangan pelayanan, petugas pelayanan, pelaksanaan monitoring dan evaluasi.

"Bahan kaji banding lainnya juga terkait pembiayaan pelaksanaan Paten dan permasalahan atau kendala yang dialami Paten saat ini," ucap Triadi.

Ditambahkan dia, bahwa selama kurun waktu beberapa terakhir, kabupaten Lamandau sebenarnya juga telah melaksanakan Paten. Tetapi, dengan kaji banding ini kita berharap akan lebih meningkatkan pelaksanaan pelayanan Paten yang sudah ada," tandasnya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru