Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Cek Peralatan Teknis Dalmas Persiapan Pengamanan Pilbup

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 21 November 2016 - 18:38 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat mengecek peralatan teknis pengendali massa (Dalmas) di Lapangan Termili, Pangkalan Bun, Senin (21/11/2016), sebagai kesiapan menghadapi Pilkada Kotawaringin Barat 2017. Selain mengecek berbagai peralatan teknis, seperti water cannon, security barrier, road blocker dan pengurai massa, anggota Sabhara Polres Kobar juga menjalani pelatihan penggunaan sarana itu.

Untuk itu, Polres Kobar mendatangkan dua instruktur dari Polda Kalimantan Tengah. Kedua instruktur tersebut didatangkan dengan tujuan supaya penggunaan berbagai peralatan tersebut pada saatnya diperlukan maka dapat anggota Polres Kobar tidak gagap lagi secara teknis dan dapat menggunakannya dengan baik. 

"Selain dalam rangka pengamanan Pilkada Kobar 2017 juga sewaktu-waktu dalam situasi tertentu, peralatan dapat digunakan secara maksimal," tegas Kaur Binops Sabhara Polres Kobar, Ipda Basyaruddin, di Pangkalan Bun, Senin (21/11/2016).

Ipda Basyaruddin mengatakan, kegiatan pengecekan sarana teknis dimaksudkan untuk memaksimalkan peralatan yang ada di Polres Kobar agar jika nanti digunakan dalam menghadapi situasi pengendalian massa dalam eskalasi besar peralatan tersebut dapat maksimal bekerja.

Salah seorang instruktur dari Polda Kalteng, Bripka Mulyadi menjelaskan, dalam pelatihan penggunaan berbagai peralatan teknis, seperti pembentangan Security Barier (kawat berduri) ketika dalam situasi terjadi eskalasi massa dan apabila massa dapat menembus kawat berduri, ada road blocker atau ranjau paku yang disebar. Semua itu merupakan tahapan dan langkah yang harus dilakukan kompi Dalmas saat itu.

"Kita maksimalkan kembali bagaimana cara penggunaan alat-alat tersebut agar pada waktunya penggunaan alat dalam situasi tertentu dapat dilakukan dengan maksimal," ujar Mulyadi.

Selain itu juga dilakukan kegiatan pengasahan kembali skill atau kemampuan personil dalam penggunaan senjata pelontar gas air mata dan water canon untuk mengurai massa yang sifatnya tidak melukai. 

Sementara itu, pantauan Borneonews saat persiapan dan pengecekan peralatan yang dimilik Polres Kobar untuk pengamanan pemilukada tersebut mendapat perhatian dari masyarakat sekitar, apalagi saat water canon menyemprotkan air dengan tekanan yang deras ke ruang kosong. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru