Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH Kapuas Target Retribusi untuk PAD Melalui Laboratorium

  • 21 November 2016 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kapuas menargetkan 2017 laboratorium harus sudah terakreditasi dengan melengkapi peralatan serta penambahan sumber daya manusia. Target yang ingin dicapai, pengambilan sampel air, tanah, udara dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk Adipura tetap dilaksanakan. Untuk menunjang kegiatan tersebut, perlu dilengkapi peralatan laboratorium.

"Untuk tahun 2017 kita akan memaksimalkan laboratorium baik dari peralatan dan sumber daya manusianya. Kita akan meminta tim verifikasi untuk lab menuju akreditasi, serta melengkapi peralatan untuk uji sampel air, udara dan tanah, sehingga tidak perlu ke Banjarmasin untuk uji sampel, cukup di Kapuas," kata Saleh Makki, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kapuas,  Senin (21/11/2016).

Laboratorium merupakan potensi Pendapatan Asli Daerah(PAD) kata mantan Kadis Nakersos ini, kalau dikelola dengan maksimal. Untuk itu, perlu ada kajian untuk menarik retribusi dengan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) terkait retribusi terhadap uji sampel, air, udara dan tanah bagi Perusahaan Besar Swasta(PBS) di bidang perkebunan kepala sawit maupun pertambangan.

"Kita bikin kajian untuk usulan pembuatan Perda terkait retribusi uji sampel dan tentu setiap PBS yang beroperasi di Kabupaten Kapuas wajib melaksanakan itu dan anggaran sudah di flot untuk 2017," katanya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru