Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka untuk Membentuk Kepribadian Beriman Berakhlak dan Taat Hukum

  • 22 November 2016 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap anggota memiliki kepribadian beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa. Terutama dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

'Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan nonformal,' ungkap Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Stepenson dalam kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) tingkat Kabupaten Gumas, di aula Kantor Camat Tewah, Selasa (22/11/2016) pagi.

DALAM Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, pasal 1 ayat (1) menyatakan gerakan pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelengarakan pendidikan kepramukaan. Dengan demikian, gerakan pramuka diwajibkan dalam estrakurikuler sekolah.

Pasal 26 butir 3 UU Nomor 20/2003 disebutkan, pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta lainnya untuk pengembangan peserta didik.

'Pendidikan kepemudaan yang disebutkan dalam pasal tersebut secara implicit termasuk pendidikan kepramukaan,' terang dia.

Stepenson menyampaikan,  kegiatan kursus pembina pramuka mahir dasar (KMD) diikuti kurang lebih 80 peserta yang merupakan utusan Kwartir Ranting (Kwarran) dari 12 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Gumas. Kegiatan itu dilaksanakan 20-26 November 2016.

Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Gumas, Yansiterson saat membuka kegiatan tersebut menyatakan, menyambut baik kegiatan tersebut. Pasalnya kegiatan kursus pembina pramuka mahir dasar untuk mempersiapkan anak didik hidup di alam terbuka dengan segala tantangannya dan kedaan sederhana.

'Gerakan Pramuka merupakan ekskul wajib dan kegiatan ekstrakurikuler diluar sekolah. Gerakan pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak dan memiliki jiwa bela negara,' ujar Yansiterson membacakan sambutan Bupati Gumas, Arton S Dohong. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru